Puskesmas di Riau Diminta Aktif Berikan Penyuluhan Germas

Rabu, 05 April 2017

Kadiskes Riau pada kegiatan menyerahkan bantuan banjir di Langgam.

PEKANBARU - riautribune : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengingatkan kepada seluruh Puskesmas di Riau untuk rutin memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk menyukseskan Gerakan Masyakarat Hidup Sehat (Germas) untuk mengurangi tingkat kunjungan berobat ke fasilitas kesehatan primer.

Menurutnya Mimi Yuliani, Germas adalah program Kementerian Kesehatan, sehingga semua pihak yang terlibat agar mensukeskan program dalam rangka mengurangi berbagai penyakit yang melanda masyarakat. Apalagi dasar hukumnya Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017.

"Dalam instruksi tersebut, petugas Puskesmas diminta datang ke rumah masyarakat untuk mendata penyakit yang menjangkiti dalam satu keluarga untuk diberi penanganan awal," ujar Mimi, Rabu (5/4/2017).

Melalui cara tersebut, kata Mimi, penyakit yang menjangkiti dapat diantisipasi lebih awal, sehingga konsultasi kesehatan masyarakat tidak terbatas dan tidak harus mengantri berlama-lama di Puskesmas atau Balai Pengobatan.

"Penyuluhan tersebut merupakan tindakan promotif dan preventif dengan harapan jumlah masyarakat sakit yang berobat ke Puskesmas akan berkurang," pungkas Mimi Yuliani Nazir. (lem)