Didampingi GM Telkom Ridar, Komisi I DPR RI Kunjungi BAKTI UPT LK Pekanbaru

Dibaca: 24306 kali  Kamis, 06 September 2018 | 13:47:06 WIB
Didampingi GM Telkom Ridar, Komisi I DPR RI Kunjungi BAKTI UPT LK Pekanbaru
Ket Foto : Kunjungan kerja Komisi I DPR RI terkait Pemanfaatan Program Akses Internet Bakti Kemenkominfo UPT-LK Wilayah I Riau, Kamis (6/9/2018). Tampak hadir Kepala UPT, H. Bakhrum , S.T, M.T, Mayjen TNI Purnawirawan Asril Hamzah Tanjung, S.IP, Ketua Tim dari romb

PEKANBARU-riautribune: Komisi I DPR RI didampingi GM Telkom Wilayah Riau Daratan H Syahril, melalui Panitia Kerja (PANJA) Universal Services Obligation (USO) mengunjungi lokasi layanan akses internet kerjasama antara Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk di Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja (UPT LK) Pekanbaru, kegiatan ini juga berlangsung di dua kota lainnya yakni Yogyakarta dan Padang.

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan sarana dan prasarana yang telah dibangun Kominfo melalui BAKTI dalam mendukung kegiatan operasional di UPT LK Pekanbaru. 

“Pembangunan akses internet ini merupakan perwujudan dari Program Nawacita ke 3 yang menjadi visi misi pemerintahan Jokowi-JK dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujar Danny Januar Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Masyarakat dan Pemerintah BAKTI.

Disamping itu, adanya kunjungan kerja ini sebagai bahan evaluasi bagi BAKTI untuk lebih meningkatkan pelayanan ke masyarakat serta untuk meratakan penyebaran akses internet yang masih tumpang tindih antara wilayah 3T (Tertinggal, Terpencil, Terdepan) dan perbatasan Indonesia dengan wilayah perkotaan. 

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari salah satu instruktur di UPT LK Pekanbaru, adanya bantuan pelayananan akses internet yang diberikan BAKTI bersama mitra kerja TELKOM sangat membantu terselenggaranya kegiatan pelatihan di sana. 

 

Hanya saja kendala yang dialami terkait kapasitas UPT yang disebutkan belum memadai sehingga tidak mampu menampung jumlah peserta yang selalu meningkat. Seperti saat ini jumlah anak didik sudah mencapai hampir 300 orang, di tahun depan diharapkan mampu bertambah menjadi total 1152 orang dengan asumsi ada 72 paket yang masing-masing paket diikuti             oleh 16 orang.

Sementara itu, pelayanan akses internet yang telah diberikan BAKTI bersama dengan mitra kerja di Riau sudah mencapai 27 lokasi yang tersebar di 9 kabupaten meliputi Bengkalis, Indragiri Hilir, Kampar, Kepulauan Meranti, Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Pekan Baru, Rokan HIlir dan Siak. 

Hingga Juni 2018, jumlah pembangunan akses internet di Indonesia sudah mencapai 2.717 lokasi dan terdiri dari 1.571 lokasi (56%) di instansi pendidikan, 470 lokasi (17%) instansi pemerintah, 353 lokasi (13%) instansi kesehatan, 163 lokasi (6% ) layanan publik, 126 lokasi (5%) BLK, 27 lokasi (2%) Karantina Pertanian serta 7 lokasi (1%) Pos Lintas Batas Negara/PLBN. 

Tentang BAKTI
Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) merupakan unit organisasi noneselon di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menerapkan pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. BAKTI bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal, dan dipimpin oleh Direktur Utama.

BAKTI bertugas untuk melaksanakan pengelolaan pembiayaan Kewajiban Pelayanan Universal dan penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dan informatika.

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Pojok Usaha" Index »