PON XX PAPUA 2021: Berjaya, Riau Capai Target

Jumat, 22 Oktober 2021

PEKANBARU, Riautribune.com - Prestasi membanggakan berhasil diraih Kontingan Provinsi Riau pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Riau memastikan posisi urutan 8 klasemen perolehan medali PON Papua secara nasional sekaligus menjadi nomor 1 di Pulau Sumatera. Kontingen PON Riau berhasil mengumpulkan 67 medali dengan rincian 21 emas, 25 perak, dan 21 perunggu. Jumlah medali ini. Ini artinya, Riau berhasil memenuhi target peringkat 10 besar nasional pada ajang PON XX di Papua. Cabang dayung menjadi cabang pertama yang menyumbangkan medali bagi kontingen Riau yang kemudian raihan 20 medali emas berikutnya. 

Secara lengkap, 21 emas yang didapat Provinsi Riau tersebut masing-masing dari Cabang Olahraga Dayung di nomor K - 1 1000 M Putra, Dayung nomor K - 1 200 M Putra, Senam di nomor Beregu Putra, senam di nomor Perorangan Serba Bisa, dayung di Slalom C - 1 Putra, Panahan di Fita Compound - Aduan Perorangan Putra, Senam nomor Perorangan Per Alat - Palang Tunggal. Kemudian cabang Anggar di nomor Degen Individual Putri, Anggar di nomor Floret Individual Putra, Anggar di nomor Floret Team Putri, Anggar di nomor Degen Team Putri. Kemudian angkat besi di nomor Kelas 87 Kg Putri, anggar di nomor Degen Team Putra dan cabang olahraga renang di nomor 400 M Gaya Ganti Perseorangan Putri.

Cabang olahraga angkat berat di nomor Kelas 59 Kg Putra juga menyumbang medali emas, disusul Renang di nomor 100 M Gaya Dada Putri, Angkat Berat di kelas 74 Kg Putra, Kempo di nomor Randori Kelas 65 Kg Putra, Angkat Berat di kelas 93 Kg Putra, Tinju di Kelas 49 Kg - 52 Kg Putra serta Renang di nomor 50 M Gaya Dada Putri.

Sementara itu, untuk 25 medali perak datang dari cabang olahraga dayung nomor K-1 500 M Putri, Dayung nomor K-1 200 M Putri, Senam nomor Perorangan Serba Bisa, senam nomor Perorangan Per Alat, Muaythai Kelas 43 Kg Putri, Taekwondo di nomor Gyorugi - Heavy (Over 73 Kg : max 73,01 Kg) Putri, Anggar du nomor Floret Individual Putri. Kemudian Atletik di nomor Lontar Martil Putra, Renang di nomor 200 M Gaya Dada Putri, Angkat Berat di Kelas 47 Kg Putri, Angkat Berat di Kelas 52 Kg Putri, Angkat Berat di Kelas 83 Kg Putra, Renang di kelas 200 M Gaya Ganti Perseorangan Putri, Angkat Berat di Kelas 84 Kg Putri, Angkat Berat di kelas Kelas 105 Kg Putra, Atletik di kelas Lompat Tinggi Putra dan Renang 200 M Gaya Kupu-kupu Putri.

Selanjutnya Senam di nomor Perorangan Per Alat - Palang Sejajar putra, Atletik di nomor 110 M Gawang Putra, Aerosport di nomor F1A (Glider Tarik A2) Putri, Atletik di nomor Lontar Martil Putri, Anggar nomor Degen Individual Putra, Anggar nomor Sabel Team Putra, Anggar nomor Floret Team Putra dan akuatik di nomor 200 M Gaya Punggung Putri. 

Sedangkan perolehan 21 medali perunggu datang dari cabang olahraga sepatu roda nomor ITT 300 M Putra, senam nomor beregu putri, Wushu di nomor Sanda - kelas 70 Kg Putra, Senam di nomor Perorangan Per Alat - Kuda Pelana Putra, Taekwondo di nomor Gyorugi - Heavy (Over 87 Kg : max 87,01 Kg) Putra, Menembak di nomor Individual 25 M Rapid Fire Pistol Putra, Layar di nomor Laser 4.7 Putra.
Selanjutnya adalah Anggar di nomor Degen Individual Putra, Catur di nomor Beregu Catur Cepat Putra, Panahan di nomor Nasional - Aduan Beregu Putra, Renang di nomor 400 M Gaya Ganti Perseorangan Putri, Angkat Berat di Kelas 66 Kg Putra, Karate di nomor Kumite - Under 75 Kg Putra, Kempo di nomor Randori Kelas 55 Kg Putri.

Angkat Berat di Kelas +84 Kg Putri, Biliar di nomor English Billiard - 100 Single, Wushu di kelas Sanda - Kelas s/d 48 Kg Putra, Muaythai di Kelas 48 Kg Putra, Tae Kwon Do di nomor Gyorugi - Bantam (Under 53 Kg : max 49,01 Kg - 53,00 Kg) Putri, Sepak Takraw di nomor Quadrant Putra dan tinju di kelas 46 Kg - 49 Kg Putra. Prestasi membanggakan Tim Riau di PON Papua ini mendapat sambutan istimewa dari Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar. "Alhamdulillah, sesuai target, kontingen Riau berhasil masuk 10 besar di ajang olahraga nasional empat tahunan tersebut,” kata Gubernur Syamsuar.

Gubri mengatakan, untuk kepulangan kontingen Riau dari Papua direncanakan sebelumnya ada penyambutan. Namun, karena kondisi pandemi Covid-19 hal itu tidak bisa dilakukan.  "Kemarin saya bilang, saya ingin ada sambutan di sini [Riau], tapi karena kondisi COVID-19 kita belum bisa sambutan," ucapnya.  "Tapi nanti kalau sudah aman dan tenang, baru nanti kita undang mereka [kontingen Riau] untuk menyampaikan apresiasi dan penghargaan, serta ucapan terima kasih sekaligus pemberian bonus," ujarnya. *