“Kepramukaan Berperan Strategis Melatih Jiwa Kepemimpinan”

Selasa, 07 November 2017

Bupati Rokan Hilir H Suyatno saat menjadi pemimpin upacara.(adv)

ROKAN HILIR - riautribune: Kegiatan Pramuka merupakan menjadi elemen penting dalam upaya menciptakan generasi siap terampil dalam artian memiliki jiwa kepemimpinan yang sudah terlatih dengan baik. Bagi pelajar yang telah lama berkecimpung di dalam gerakan pramuka maka secara tak langsung telah memiliki kemampuan yang baik dalam bidang yang ada seperti kegiatan baris berbaris, kemandirian, memupuk sikap peduli dan tanggung jawab dengan sesama, tepa selira dan gotong royong serta berbagai manfaat baik lainnya.

 

Tidak hanya bagi pelajar, pemuda yang mampu memahami akan eksistensi dirinya untuk bisa berkontribusi dan memberikan pengabdian yang terbaik bagi daerah. Dunia Pramuka memiliki peranan yang sangat penting dalam mencetak generasi muda dalam hal ini kalangan pelajar untuk bisa menjadi generasi yang terampil menghadapi berbagai tantangan.

 

Implementasinya bisa dilihat dari berbagai latihan kemampuan, penanaman sikap disiplin dalam menerapkan ketentuan berkaitan dengan dunia pramuka termasuk bagaimana merespon terhadap situasi lingkungan yang membutuhkan sikap mental teruji, tidak mudah menyerah. Gerakan pramuka seseorang dibina untuk bisa menjadi terampil sekaligus ahli bukan hanya dalam hal yang berkaitan dengan prakek saja tapi langsung pada penerapan atau aplikasinya di lapangan. Banyak tokoh besar yang lahir karena sebelumnya berkecimpung di dalam gerakan pramuka sejak dini.

 

Hal itu yang kerap disampaikan bupati Rokan Hilir H Suyatno agar kegiatan pramuka bisa dijalankan dengan baik oleh pihak sekolah. Bagaimanapun tekannya kegiatan yang ada di dunia pramuka sangat positif untuk mendorong tumbuhnya karakter yang baik terutama dari segi kepemimpinan pada seorang pelajar, sehingga sejak dini sudah dilatih untuk terampil.

 

Dikatakan untuk menjadi seorang pemimpin itu harus tangguh dan harus banyak teorinya. Pramuka sangat baik untuk mencetak generasi muda yang mampu berdikari karena diajarkan bagaimana bersikap mandiri sejak duduk di bangku sekolah. Peranan pramuka itu sangat penting dan dirasakan langsung bagaimana dampaknya dalam membangun semangat, mental, jiwa karsa dan gotong royong dalam satu kelompok sehingga belajar dari kelompok yang kecil sehingga bisa menyumbangkan peran yang lebih besar bagi masyarakat.

 

Kegiatan pramuka cukup banyak dilaksanakan oleh pengurus ini membuktikan tingkat keaktifan yang sangat baik. Sasaran kegiatan kerap dilaksanakan di bumi perkembahan seperti kegiatan Gladian Pinru tingkat SD dan SMP Kwaran 0410.04 Gerakan Pramuka Rimba Melintang di Bumi Perkemahan Datuk Comel, Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang.

 

Untuk segi ilmu nantinya akan diajarkan kepada anggota regunya. Namun dia berharap agar kegiatan itu rutintitas dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Banyak hal yang dilatih dalam pramuka, mulai bagaimana ia memimpin sampai kepada teknik kepramukaan, kemudian bagaimana caranya agar dapat memotivasi anggotanya, bermusyawarah dan lain sebagainya.

 

Kegiatan lainya berupa orientasi dan dinamika kelompok, upacara pembukaan latihan, ishoma, kepemimpinan, sholat subuh berjamaah, kultum, olahraga senam, kegiatan pribadi, upacara pembukaan apel pagi, PBB, diskusi membentuk tim, pionering, heking persiapan api unggun, upacara penurunan apel sore, upacara api unggun, kerja bakti dan lainnya.

 

Bupati menegaskan pentingnya dunia pramuka sehingga dalam setiap kesempatan menghadiri setiap kegiatan pramuka. Terutama kegiatan yang dihadiri berupa perkemahan-perkemahan yang melibatkan peserta yang banyak. Pada intinya hal itu sebagai wujud untuk memotivasi tumbuh berkembangnya gerakan pramuka di daerah. (Adv)