Menteri Asman Abnur: Tidak Ada Kenaikan Gaji PNS Tahun 2018

Sabtu, 14 Oktober 2017

Foto Tmpo

PADANG - riautribune : Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur memastikan tidak ada kenaikan gaji PNS (pegawai negeri sipil) hingga tahun depan. Pemerintah lebih dulu mengevaluasi kinerja pegawai sebelum membahas kenaikan gaji. "Belum ada rencana (kenaikan)," ujar Asman usai memberikan kuliah umum di kampus Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Jumat, 13 Oktober 2017.

Menurut Asman, pemerintah menerapkan manajemen kinerja bagi masing-masing pegawai. Mereka diukur berdasarkan bidang yang dikerjakan. "Tak lagi serapan (anggaran) yang jadi ukuran,” katanya. “Yang jadi ukuran outcome yang dihasilkan."

Ukuran ini digunakan, kata Asman, karena yang akan dihadapi adalah komperisi antarglobal. Untuk itu perlu ada peningkatan inovasi dan terobosan. Ia mengingatkan agar pegawa negeri tidak terjebak dalam rutinitas harian. "Jangan terjebak dalam urusan rutinitas karena indikatornya kinerja," ujarnya.

Terkait dengan kinerja pegawai negeri, Agustus lalu Asman Abnur dipanggil oleh Presiden Joko Widodo untuk membahas seleksi pegawai negeri baru. Saat ini Asman melaporkan proses penerimaan pegawai disejumlah lembaga pemerintah. Untuk kenaikan gaji PNS yang stagnan tiga tahun terakhir, kata Asman, juga sempat disinggung namun belum ada kesimpulan.(tmpo)