H Syamsuar Layak Dilirik Partai

Jumat, 06 Oktober 2017

PEKANBARU,riautribune: H Syamsuar yang saat ini menjabat sebagai Bupati Siak, layak untuk dilirik dan diusung oleh partai-partai politik untuk maju sebagai calon gubernur Riau yang akan bertarung di tahun 2018. Pernyataan ini resmi dirilis oleh Asosiasi Ilmuwan Politik indonesia (AIPI) Riau, merujuk kepada hasil penelitian survei yang dilakukan oleh tim AIPI atas resmpin masyarakat terhadap figur yang muncul saat ini.
  "Kesimpulan bahwa partai politik akan lebih tepat untuk melirik figur Syamsuar, dikarenakan dari hasil surivei yang kami lakukan pada sampling, rata-rata mengenal sosok ini. Pertanyaan ini dilontarkan tanpa ada treatmen apapun, dan rata-rata objek mengenal sosok H Syamsur yang saat ini menjabat bupati Siak,"ucap Dr.Hassanudin yang juga ketua AIPI Riau ketika diwawancarai baru-baru ini.
  Pernyataan ini kami lanjutkan ketika, point kedua kita masuk dengan treatmen, apakah ada mengenal H Syamsuar yang selama ini dikenal sukses mengenalkan Kabupaten Siak sebagai lumbung padi.
  "Dari pernyataan rata-rata responden semakin tertarik untuk menjawab iya, hal ini terlihat dari jumlah persentase responden yang mengenal sosok H Syamsuar yang semakin meningkat,"Ucap Dr Hasanuddin.

Survei itu mereka lakukan terhadap 12 Kabupaten dan Kota se-Riau melibatkan 2.000 responden secara random. Dengan cakupan 4-5 Kecamatan di 100 desa, menggunakan pola solving pada Agustus 2017 silam.

Sebanyak 72.8 persen masyarakat di Riau menganggap Syamsuar layak dan mempunyai peluang besar untuk maju serta memenangkan Pilgubri 2018 akan datang.

Sedangkan 9.6 persen hasil survei menyatakan tidak setuju, 16.6 persen tidak tahu dan 1.1 persen tidak menjawab.

  Ketika ditanyai kenapa kemudian AIPI Riau lebih fokus kepada sosok H Syamsuar. Menurut DR.Hasanuddin sebenarnya ada beberapa nama yang muncul, namun penelitian ini semakin mengkrucut melihat dari figur ini lebih peduli terhadap pengembangan sosial politik dan penyehatan bioraksi dan pelayanan publik di daerah.
  "Balik lagi kepada pertanyaan yang kami sampaikan kepada responden. Mereka juga menjawab iya mengenal sosok ini, ketika kita masukkan draf, bahwa pernah mendapat penghargaan atas inovasi pelayanan publik, penegakkan birokrasi daerah yang sehat, bahwa juga prestasi atas pencapaian WTP enam tahun berturut-turut,"Ucap Dr.Hasanuddin Msi yang juga jebolan doktor Universitas Gajahmada ini.
  Dari hasil penelitian ini AIPI Riau pun tegas merilis kepad publik, bahwa H syamsuar layak untuk dilirik oleh partai politik untuk diusung sebagai calon Gubri 2018.
  "Kita sifatnya hanya sebuah penelitian akademik, keputusan dan kesimpulan atas sikap politik apa yang akan diambil. Itu terkembali pada pimpinan partai dan spirit masyarakat Riau untuk menuju Riau yang gemiling dan terbilang,"Ucap peneliti Riau ini.  (Jnk)