Kadisbud Riau: Batik Riau Itu Sudah Ada Sejak Abad ke 18

Senin, 02 Oktober 2017

illustrasi Internet

PEKANBARU - riautribune : Sama dengan daerah Jawa, batik di Riau punya perjalanan sejarah panjang. Batik Riau kali pertama dikenalkan oleh Kerajaan Riau Lingga. Jika batik Jawa terkenal dengan batik tulis. Batik Riau terkenal dengan Batik Cap.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Yoserizal Zen, sejak abad ke 18 batik khas Riau sudah diperkenalkan oleh Kerajaan Riau Lingga. Dimana ketika itu ada banyak para tokoh kerajaan mengenakan batik sebagai pakaian kebesaran.

"Hanya saja bila batik Jawa terkenal dengan batik tulis, sedang batik Riau bermula dari batik cap. Jadi batik di Riau sudah berlangsung lama. Sama dengan batik Jawa," katanya, Senin (2/10/2017).

Keunikan dan khas batik Riau memang diakui karena keindahannya yang mempesona dan langka. Sebagian besar motif batik Riau sama dengan negeri Melayu Singapura dan Malaysia. Sebagian besar bertema binatang seperti itik pulang petang, iringan semut dan lebah bergantung.

Sedangkan motif batik tumbuhan terinspirasi dari bunga hutan, buah manggis, kipas lingga, bunga kundur, kasih tak sampai dan lain sebagainya. Motif ini juga punya peran penting dalam perkembangan sejarah batik di Riau.

"Yang jelas, kami Pemprov akan mensosialisasikannya ke masyarakat. Dan Alhamdulillah, beberapa kabupaten telah mengembangkan batik dengan muatan atau corak konten lokal," sambungnya.(bpc)