Tontowi/Liliyana dan Ahsan/Rian Lolos ke Semifinal

Sabtu, 26 Agustus 2017

foto internet

GLASGOW - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil melaju ke babak semifinal Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017. Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro juga menuai hasil positif.

Dalam babak perempatfinal di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia, Jumat (25/8/2017), Tontowi/Liliyana menang rubber game langsung atas Wang Yilyu/Huang Dongping (China). Tontowi/Liliyana mengalahkan Yilyu/Dongping dengan skor 19-21, 21-15, 21-18.

Kemenangan itu sekaligus membayar kekalahan pemilik medali emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro itu di Denmark Terbuka Super Series Premier 2016. Kala itu, Tontowi/Liliyana kandas 18-21, 21-19, 17-21.

"Kami kurang bisa memanfaatkan keunggulan di gim pertama. Tetapi di gim kedua dan ketiga, kami tidak mau memikirkan kekalahan gim pertama. Selama pertandingan masih belum selesai, kami masih punya peluang untuk menang," kata Liliyana seperti dikutip Badminton Indonesia.

"Sekarang kekuatan tiap negara sudah merata, hilang fokus sedikit saja bisa tersusul walau sudah memimpin jauh. Waktu tersusul setelah memimpin 9-2, kami terbawa permainan mereka dan jadi agak terburu-buru, kurang tenang," Liliyana menambahkan.

"Lawan sempat mengubah pola permainan dan kami sering membuat kesalahan sendiri. Kami merasa nggak pas feeling-nya di gim pertama. Namun kami berusaha main stabil di gim kedua dan ketiga, kami menerapkan pola main yang sama," Tontowi menimpali.

Hasil positif juga diraih Ahsan/Rian. Mereka melaju ke babak empat besar setelah menumbangkan Chung Eui Seok/Kim Dukyong (Korea) dengan skor 21-16, 21-18.

Indonesia masih menyimpan peluang untuk menambah wakil ke babak semifinal. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berebut tiket empat besar dengan Chai Biao/Hong Wei (China) dan Praveen Jordan/Debby Susanto menghadapi unggulan pertama Zheng Siwei/Chen Qingchen (China).(dtk)