Pemalsuan Aqua Galon Terungkap, Danone Jelaskan Ciri Produk Asli

Jumat, 25 Agustus 2017

foto internet

BOGOR - riautribune : Polisi baru-baru ini mengungkap praktik pemalsuan produk air mineral bermerek Aqua di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Empat orang sudah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka.

Danone Indonesia selaku podusen air mineral merek Aqua mengatakan telah menerapkan sistem quality control yang ketat. Setiap produk yang dikeluarkan memiliki ciri-ciri khusus yang tidak gampang ditiru. “Selalu ada pencatatan data penggunaan kemasan dan kode produksi," kata Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin, Rabu, 23 Agustus 2017.

Arif mengatakan pengetatan kontrol kualitas dan keamanan produk ini untuk mempermudah penelusuran terhadap produk asli dari perusahaannya. Misalnya saja, tutup galon yang asli memiliki desain khusus dan terdapat kode-kode produksi. Kode tersebut sama dengan kode di leher galon.


Menurut Arif, ciri produk asli perusahaannya terlihat pada tutup galon memiliki kombinasi warna biru dan putih. Pada tutup juga terdapat logo perusahaan dengan tulisan "Danone AQUA" dan lambang Aqua Quality Commitment (AQC). “Ada kode produksi yang sama yang tercetak di tutup galon dan di leher," kata dia.

Air produk asli Aqua tidak memiliki rasa dan tidak berwarna. “Kalau dicicipi tidak kesat,” kata Arif. “Airnya bening, tidak berbusa, serta tidak mengeluarkan aroma apa pun."


Dengan terungkapnya praktik pemalsuan Aqua galon, kata Arif, perusahaan telah membuka layanan untuk konsumen yang ingin mengetahui dan membedakan antara produk asli dan palsu. "Kami menyediakan layanan ‘AQUA Menyapa’ agar konsumen ingin menanyakan apa pun seputar produk," katanya.(tmpo)