Timnas Indonesia U-22 ke Semifinal SEA Games 2017

Jumat, 25 Agustus 2017

foto internet

KUALA LUMPUR - Timnas Indonesia U-22 berhasil melangkah ke babak semifinal SEA Games 2017 setelah menumbangkan Kamboja dengan skor 2-0 pada laga terakhir Grup B di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis 24 Agustus 2017. Indonesia akan bertemu tuan rumah Malaysia di babak semifinal.

Skuad Garuda Muda terus menekan pertahanan Kamboja sejak awal pertandingan. Turun dengan formasi terbaiknya, termasuk Evan Dimas yang sudah kembali bermain, Indonesia mendominasi penguasaan bola.

Pada babak pertama Milla tampak meminta anak asuhnya banyak melakukan umpan silang dari sisi sayap. Namun skuad asuhan Luis Milla itu kesulitan melakukan penyelesaian akhir karena Kamboja tampak sengaja menumpuk pemain di depan gawangnya.

Upaya melalui sejumlah tendangan jarak jauh yang dilepaskan Evan Dimas, Septian David Maulana atau pun Saddil Ramdani juga kerap membentur tembok pertahanan Kamboja.

Pada babak kedua, Milla melakukan perubahan strategi. Dia memasukkan penyerang Ezra Walian dan menarik keluar Ricky Fajrin pada menit ke-53. Ezra yang berduet dengan Marinus Wanewar pun langsung mencetak gol dua menit berselang.


Berawal dari kemelut di depan gawang, bola pun meluncur ke kaki Ezra yang langsung melepaskan tendangan menembus gawang Kamboja. Indonesia unggul 1-0.

Gol kedua Indonesia lahir dari tembakan jarak jauh Febri Haryadi pada menit ke-69. Pemain asal Persib Bandung itu menembakkan bola ke sisi kanan atas gawang yang tak dapat diraih oleh penjaga gawang Kamboja.

Indonesia sebenarnya memiliki peluang untuk memperbesar keunggulan lewat serangan balik beberapa menit kemudian. Sayangnya tembakan Marinus masih melambung tinggi di atas mistar gawang. Padahal penjaga gawang Kamboja sudah tak berada di posisi. Skor 2-0 pun bertahan hingga akhir pertandingan.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia U-22 lolos ke semifinal SEA Games 2017 karena pada pertandingan lainnya Thailand mampu menekuk Vietnam dengan skor 3-0. Thailand keluar sebagai juara grup dengan nilai 13 dari 5 pertandingan sementara Indonesia menjadi juara kedua dengan nilai 11.(tmpo)