Timnas Indonesia U-22 Sangat Berpeluang Lolos

Rabu, 23 Agustus 2017

MALAYSIA - Timnas Indonesia U-22 mampu bermain 0-0 dengan Vietnam dalam pertandingan sepak bola SEA Games 2017 Stadion Majlis Perbandaraan MP Selayang, Selangor, Malaysia, Selasa, 22 Agustus 2017. Hasil seri ini membuat peluang Indonesia lolos ke semifinal masih cukup terbuka.

Indonesia memang melorot ke urutan ketiga klasemen Grup B dengan nilai 8. Vietnam tetap di puncak klasemen dengan nilai 10, sama dengan Thailand yang naik ke urutan kedua setelah mampu mengalahkan Filipina 2-0.

Nantinya hanya dua tim teratas yang lolos ke semifinal. Lalu bagaimana peluang Indonesia? Sedikit diuntungkan oleh jadwal terakhir. Indonesia akan melawan Kamboja pada Kamis, 24 Agustus 2017. Sedangkan pada saat sama, Vietnam dan Thailand akan saling berhadapan.

Bila laga Thailand vs Vietnam berakhir dengan kemenangan, maka Indonesia akan bisa lolos bila pada saat sama mampu menang atas Kamboja. Dengan skenario ini, tim pemenang di laga Thailand vs Vietnam akan meraih nilai 13, yang kalah tetap 10, dan Indonesia 11.

Bila Vietnam dan Thailand beramin seri dan Indonesia menang atas Kamboja, maka ketiga tim akan memiliki nilai sama, yakni 11. Dengan skenario ini, hitung-hitungan selisih gol akan dilakukan. Saat ini selisih gol itu adalah: Vietnam 12-1, Thailand 7-1, Indonesia 5-1. Artinya bila bisa menang besar atas Kamboja, peluang Indonesia untuk lolos akan tetap terbuka.


Saat melawan Vietnam, hasil seri itu bisa dibilang sangat menguntungkan bagi Indonesia yang harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-62 setelah Hanif Sjahbandi mendapat kartu merah. Kecemerlangan kiper Satria Tama, dan Kartika Ajie yang menggantikannya, jadi penentu bagi keberhasilan Timnas Indonesia U-22 tetap tak kebobolan.(tmpo)