UR Bangga Hatenas 2018 di Riau

Selasa, 15 Agustus 2017

PEKANBARU - riautribune : Sukses mengikuti pameran  peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-22 di Makassar, Universitas Riau kini menatap kesiapan Riau sebagai tuan Rumah Hakteknas 23 yang akan digelar 2018 mendatang.

Waki Rektor II Prof Sujianto MS menuturkan bahwa UR bangga atas diamanahkannya Riau sebagai tuan rumah berikutnya, bahkan Gubri langsung menerima pataka tuan rumah yang diserahkan oleh Menristekdikti M Nasir.

  "Alahamdulillah stand UR ramai disinggahi, beberapa produk unggulan UR dikenal oleh publik, mulai dari peneliti, akademisi, dan masyarakat umum lainnya. Sukses atas pameran tadi, kedepan kami harus bersiap-siap mendukung pelaksanaan Hateknas 2018. Dimana Riau sebagai tuan rumah, dan UR beserta perguruan tinggi lainnya akan bahu membangu mengenalkan produk akademiknya,"Ucap Prof Sujianto, Senin (15/8).

Pada acara panutupan estafet pelaksanaan kegiatan ditandai dengan penyerahan pataka secara simbolis dari Menristekdikti ke Gubernur Riau Andi Rahman kemarin. Sementara itu pada pelaksanaan Hateknas lalu. Turut hadir, Menristekdikti Muhammad Nasir, Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani hadir pada puncak, Sulawesi Selatan.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo sendiri sangat mengapresiasi terpilihnya Sulsel sebagai tuan rumah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22. "Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Ristek Dikti karena telah memilih Sulsel sebagai tuan rumah untuk event besar ini," kata Syahrul dalam sambutannya, Center Point, Makassar, Kamis (10/8)

Menurut Syahrul, pemilihan Sulsel menjadi tuan rumah Hakteknas sangat tepat, karena provinsi ini merupakan pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia (KTI).  "Masa depan dan kekuatan Indonesia ada di Indonesia timur dan pijarnya ada di Sulsel," imbuhnya.

Senada dengan Syahrul, Menristekdikti Muhammad Nasir pun mengaku bangga atas kerja keras Pemprov Sulsel atas terselenggaranya Harteknas 2017 ini. "Saya sangat bangga, Hakteknas 2017 dilaksanakan di Makasar, karena setiap tahunnya diselenggarakan di luar Jawa, pemilihan Makassar karena Sulsel merupakan provinsi yang garis panjang pantainya terpanjang di Indonesia, dan dinamika pembangunannya yang baik," ujar Nasir

Sebelum puncak acara hari ini dilaksanakan telah dilaksanakan sejumlah acara pembuka seperti Seminar Internasional Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, Seminar Dewan Riset, Seminar Science Tekno Park, penyebaran benih udang vaname.(yn)