Idul Adha, 630 Orang Pegawai Bengkalis Ikut Kurban

Selasa, 22 September 2015

Foto Internet

BENGKALIS–riautribune: Sempena Hari Raya Idul Adha 1436 H/2015 M pada Kamis (24/9) mendatang, 630 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, ikut menjadi peserta kurban.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis H. Eri Kusuma Pribadi selaku koordinator kurban ASN di Pemkab Bengkalis menjelaskan, jumlah hewan kurban yang akan disembelih pada Idul Adha 1436 ini 96 ekor. Terdiri dari 89 ekor sapi dan 7 ekor kambing.

Dijelaskan mantan Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga ini, keseluruhan hewan kurban tersebut dibeli dengan uang pribadi masing-masing ASN. Uang tersebut dipungut melalui pemotongan gaji setiap bulannya. Jadi bukan dianggarkan dalam Anggaran dan Pendapatan dan Belanja Daerah.

“Sifatnya suka rela. Tidak ditentukan atau dipaksa. Siapa saja ASN yang mau boleh ikut. Kita hanya mengimbau. Bagi yang mau, uang untuk pembelian hewan kurban itu setiap bulannya langsung dipotong dari gaji mereka. Untuk tahun ini besarnya sekitar Rp 250 ribu per orang per bulan,” jelas Eri Kusuma, Senin (21/9).

Ditambahkannya, dari 96 hewan kurban tersebut, 69 ekor yang terdiri dari 64 ekor sapi dan 5 ekor kambing, langsung diserahkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Disebarkan ke sejumlah rumah ibadah di 8 kecamatan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

“Sedangkan sisanya sebanyak 27 ekor yang terdiri dari 25 ekor sapi dan 2 ekor kambing disembelih di masing-masing SKPD. Selain untuk mempererat silaturahim, pemotongan hewan kurban di masing-masing SKPD ini untuk menumbuhkan semangat berkurban. Untuk menggugah ASN yang tahun ini belum ikut, sehingga tahun depan dapat berpartisipasi,” imbuh Eri Kusuma.

Terpisah, Penjabat (Pj) Bupati H. Ahmadsyah Harrofie memberikan apresiasi atas semangat untuk berkurban dan berbagi yang dilakukan 630 orang ASN di Pemkab Bengkalis tersebut. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Provinsi Riau ini berharap tahun-tahun yang akan datang ‘budaya’ ini terus terpelihara dan ditingkatkan.

Satu hal yang membuat Ahmadsyah yang dilantik menjadi Pj Bupati Bengkalis pada 5 Agustus lalu kagum, uang untuk pembelian hewan kurban itu merupakan ‘tabungan’ yang disisikan dari pemotongan gaji setiap bulan. Sehingga tidak terasa memberatkan ASN yang ikut berkurban.

 “Mudah-mudahan pada Idul Adha tahun-tahun berikutnya peserta maupun hewan kurban yang akan disembelih jumlahnya semakin banyak. Semoga apa yang dilakukan ASN di Pemkab Bengkalis pada Idul Adha 1436 H ini dapat dicontoh dan diikuti ASN lainnya atau ASN di daerah lain yang pada Hari Raya Kurban tahun ini belum ikut berkurban,” Ahmadsyah, mendoakan.

Sementara itu berdasarkan data yang berhasil dihimpun, ASN di Sekretariat Daerah yang ikut berkurban pada Idul Adha 1436 H ini sebanyak 252 orang dengan hewan kurban sebanyak 36 ekor sapi. Dari jumlah tersebut, 20 ekor diantaranya langsung didistribusikan ke sejumlah rumah ibadah. Sementara sisanya akan dipotong untuk dibagikan ke seluruh ASN di Sekretariat Daerah.

Sedangkan Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah masing-masing 5 ekor sapi, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu 3 ekor sapi. Sedangkan SKPD lainnya ada yang 2 atau 1 ekor sapi.

Kemudian, dari 36 SKPD di Pemkab Bengkalis (di luar Pemerintah Kecamatan), diketahui juga ada 9 SKPD yang hingga setakat ini belum melaporkan jumlah ASN ataupun hewan kurban yang akan sembelih pada Hari Raya Kurban tahun 1436 H ini. (afa)