Ada Warga Tewas Kena Ledakan di Latihan Paskhas, TNI AU Minta Maaf

Kamis, 20 Juli 2017

ROHUL - riautribune : Seorang warga menjadi korban tewas di area latihan perang Paskhas di Rokan Hulu, Riau. TNI AU meminta maaf atas kejadian ini. "Paskhas akan bertanggung jawab terhadap korban dan kami menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga dan masyarakat," ungkap Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya, Kamis (20/7/2017).

Peristiwa ini terjadi di hari terakhir latihan Trisula Perkasa yang digelar di kawasan landasan udara Rokan Hulu. Pada latihan ini ada dilakukan penerjunan payung, latihan mortir hingga peluncuran rudak Kiwi.

"Hari ini terakhir mulai dari 05.30 WIB, serangan fajar. Terakhir jam 11.15 WIB rencananya penyisiran untuk pengamanan terhadap alat-alat dan senjata, TNT yang digunakan untuk latihan itu," jelas Jemi.

Namun saat jajaran Paskhas hendak melakukan penyisiran, ternyata terjadi ledakan di salah satu area latihan. Saat diperiksa diketahui ada satu orang warga sipil menjadi korban meninggal, dan 5 orang lainnya luka-luka.

"Ada kejadian masyarakat kena TNT. Satu orang meninggal, lima luka-luka," terang Jemi. Hingga saat ini belum ada keterangan lebih lanjut mengenai korban dan kronologi dari ledakan ini. TNI AU direncanakan akan memberikan rilis resmi terkait peristiwa tersebut.(dtk)