Pelalawan Raih Juara Pertama Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan Tingkat Provinsi

Sabtu, 15 Juli 2017

PEKANBARU - riautribune : Kabupaten Pelalawan kembali keluar sebagai juara I Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan tingkat SMP se-Provinsi Riau tahun 2017 yang ditaja oleh Dinas Kebudayaan melalui UPT Museum dan Taman Budaya di Hotel Alpha Pekanbaru, Jumat (14/7/2017).

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen dalam penutupan lomba tersebut berharap agar prestasi yang diraih oleh SMP Global Pelalawan untuk bisa mempertahankan prestasi yang diraihnya hari di tingkat nasional pada Agustus mendatang.

"Selamat kepada pemenang, semoga ini dapat dipertahankan pada tingkat nasional Agustus mendatang, dan bagi yang belum menang untuk terus semangat belajar tentang museum dan budaya melayu," kata pria yang juga menjabat Ketua Dewan Kesenian Riau itu.

Pada kesempatan itu juga, dirinya berpesan kepada seluruh peserta lomba untuk menjadi generasi yang peduli dengan kebudayaan, nilai budaya dan artefak di Provinsi Riau.

Sementara itu, dewan juri yang dipimpin oleh Dr. Junaidi mengatakan, seluruh peserta lomba telah menunjukkan kemampuan dan kecepatannya dalam menjawab semua soal yang diberikan.

Beberapa materi yang dilombakan dalam cerdas cermat kebudayaan ini yaitu sejarah kebudayaan Indonesia dan sejarah kebudayaan bangsa, serta tentang permuseuman daerah dan nasional.

Setiap juara I, II dan III akan mendapatkan piala dan uang pembinaan yang besarnya masing-masing juara I Rp 17 juta, juara II Rp 14 juta dan juara III Rp 11 juta. Sedangkan untuk juara harapan I akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 9 juta, juara harapan II Rp 7 juta dan juara harapan III Rp 5 juta.

Berikut daftar lengkap juara Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan tingkat SMP se-Provinsi Riau.

1. Juara I diraih Kabupaten Pelalawan

2. Juara II diraih Kota Dumai

3. Juara III diraih Kabupaten Rokan Hilir

4. Juara harapan I diraih Kota Pekanbaru

5. Juara harapan II diraih Kabupaten Rokan Hulu

6. Juara harapan III diraih Kabupaten Bengkalis. (rb)