Rossi Komentari Sukses Marquez ke Puncak Klasemen

Kamis, 13 Juli 2017

foto internet

MOTOGP - Juara bertahan Marc Marquez memimpin kejuaraan di paruh musim pertama. Rider Yamaha Valentino Rossi punya penilaian tersendiri soal sukses rival beratnya itu.

Marquez menguasai klasemen sementara dengan perolehan 129 poin setelah memenangi balapan di Sachsenring, Jerman. Rossi tertinggal 10 poin dan duduk di posisi empat di bawah Andrea Dovizioso (123) dan Maverick Vinales (124).

Rider Repsol Honda itu cukup impresif mengingat dia gagal finis di Rio Hondo, Argentina serta Le Mans, Prancis. Namun secara keseluruhan Marquez berhasil membukukan lima podium, termasuk dua kemenangan.

Di sisi lain, Rossi hanya sekali gagal finis dalam sembilan seri yang telah dijalani. Akan tetapi, juara dunia sembilan kali itu hanya empat kali naik podium dengan satu kemenangan di Assen, Belanda, serta sekali finis di posisi 10.

Menurut Rossi, kemampuan Marquez mendapatkan hasil saat berada di situasi yang buruk menjadi kunci bagi dia.

"Marquez memimpin klasemen karena di waktu-waktu dia saat berada dalam masalah, dia kehilangan lebih sedikit angka ketimbang kami saat berada di dalam momen-momen sulit," kata Rossi yang dikutip Autosport.

"Jadi, sejauh ini dia amat tangguh. Dia menang saat dibutuhkan, tapi ketika dia kesulitan dia mampu membatasi kerusakannya dengan sangat baik. Itulah mengapa dia memimpin klasemen."

Kendati demikian, bukan berarti Marquez menjadi favorit juara. Rossi berpendapat lima rider teratas masih memiliki peluang yang sama, termasuk Dani Pedrosa sekalipun tertinggal 26 poin dari Marquez.

"Kupikir kami semua yang bertarung untuk gelar juara dunia saat ini berada di level yang sama. Tidak ada favoritnya. Aku tidak akan mengabaikan Pedrosa juga, dia tidaklah tertinggal jauh," imbuh pebalap Italia ini.(okz)