Amin: “Perkuat Ukhwah Hadapi Kekuatan Global Terhadap Islam”

Ahad, 25 Juni 2017

PEKANBARU-riautribune: Prof. Amin Rais menyampaikan khotbahnya di halaman Perguruan Muhammadiyah Pekanbaru. Mantan ketua PP Muhammadiyah ini menyampaikan khotbah yang bertemakan Perkuat Ukhwah hadapi kekuatan global terhadap islam. Dihadapan ratusan jemaah Amin menuturkan bahwa ada upaya untuk melunturkan kekuatan dan kekompakkan agama islam di seluruh dunia saat ini.

“Hari ini barat memandang, hanya tiga Negara yang ukhwah islamiyahnya masih terjaga kuat yakni Indonesia, Malaysia dan Turki. Fakta inilah yang kemudian dicoba, untuk dilunturkan dengan berbagai cara. Mulai dari membenturkan kekuatan-kekuatan yang ada di dalamnya, hingga intervensi kekuasaan,”Ucap Amin.

Ceramah Amin yang penuh dengan pergulatan kekuatan global tersebut menjadi perhatian penuh jemaah sholat Id di perguruan muhammadiyah. Beberapa tokoh tampak hadir , Ketua Muhammadiyah Pekanbaru Wan Abubakar, Dede Firmansyah, Dan Didi Winarsyah.

Sementara itu panitia penyelenggara yang juga Wakil Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pekanbaru, Dede Firmansyah menutukan, selain Amin Rais, juga hadir saudara kandungnya, Dahlan Rais juga menjadi khatib di lapangan MTs Muhammadiyah 2 Jalan Srikandi, Pekanbaru. 

Direncakan usai memberikan ceramah, kedua saudara kandung ini akan mengunjungi adik iparnya Mutahar, mantan dosen FMIPA Universitas Riau. Adik dan iparnya tersebut sekarang kondisinya sudah mulai sakit-sakitan. 

Berdasarkan data diperoleh, Amien baru kali ini sejak 10 tahun terakhir menjadi khatib Salat Idul Fitri. Sebelumnya, di bulan Ramadan lalu, pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) ini sempat melaksanakan umrah dan bertemu dengan Rizieq Shihab di tanah suci, Mekkah. 

Wakil Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pekanbaru, Dede Firmansyah, mengatakan kedatangan petinggi Muhammadiyah ini akan membuat lebaran menjadi spesial bagi umat islam khususnya warga Kota Pekanbaru.(ehm)