Jalur Mudik Rusak, Tol Brebes - Batang Ditutup 10 Jam

Rabu, 21 Juni 2017

illustrasi Internet

BREBES - riautribune : Arus mudik menuju Semarang terganggu akibat kerusakan pada jalan tol fungsional Brebes-Batang. Kepolisian terpaksa menutup tol darurat tersebut untuk sementara waktu mulai Selasa malam, 20 Juni 2017.

Kepala Satuan Tugas tol fungsional Brebes-Batang Komisaris Besar Djarod Padakova mengatakan penutupan akan dilakukan selama 6-10 jam. Berdasarkan koordinasi kepolisian dengan pengelola tol, perbaikan langsung dikerjakan agar bisa segera digunakan kembali. "Malam ini langsung diperbaiki," kata Djarod.

Djarot mengatakan meski kerusakan berada di ruas tol Sewaka Pemalang, penutupan akan dilakukan secara total dari Brebes hingga Gringsing Batang. Sebab, kerusakan berada ruas sebelum pintu keluar Gandulan, Pemalang. "Jadi memang harus tutup total tidak bisa dikeluarkan dari Sewaka," kata dia.

Karena itu, untuk sementara, arus kendaraan yang menuju Semarang dan sekitarnya, dialihkan ke Jalur Pantura melalui pintu keluar Brebes Timur.

Sebagaimana diketahui, jalan tol fungsional Brebes-Batang baru dua hari dilewati oleh pemudik. Namun, jalan yang baru selesai beton lapis pertama itu sudah rusak. Akibatnya perjalanan pemudik terganggu.

Djarod mengatakan jumlah kerusakan ada enam titik di sepanjang enam kilometer dari Sewaka menuju Bojong. "Laporan yang kami terima enam kilometer," kata dia saat ditemui di Posko Terpadu Pintu Keluar Tol Brebes Timur.

Menurut Djarod, bentuk kerusakan antara lain beton mengelupas dan ambrol di sisi kanan kiri jalan. Diduga lapisan jalan yang tebalnya hanya 10 sentimeter iti tidak mampu menahan beban kendaraan pemudik. "Dugaan sementara karena jalannya masih labil. Tapi kepastiannya biar dari pengelola," kata dia.(tmpo)