Lakukan Evakuasi, Malaysia Kerahkan Pesawat Militer

Jumat, 18 September 2015

ilustrasi internet

PEKANBARU-riautribune: Melihat kondisi kabut asap di Riau semakin memburuk, pemerintah Malaysia segera mengambil langkah penyelamatan terhadap warganya yang ada di Pekanbaru. Tidak tanggung-tanggung, negeri jiran itu mengerahkan pesawat militer Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) untuk mengevakuasi warganya dari Pekanbaru.

Setidaknya, sekitar 230 orang warga Malaysia yang berada di Pekanbaru, Jumat (18/9) dievakuasi pihak militer Malaysia. Sebagian besar dari mereka terdiri dari pelajar dan mahasiswa Malaysia yang menuntut ilmu di Kota Bertuah Pekanbaru.

"Hari ini 120 orang warga negara Malaysia yang berada di Riau kami evakuasi. Mereka diterbangkan dengan pesawat militer Malaysia menuju Kuala Lumpur dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru," kata Konsulat Malaysia, Hardi Hardin.

Hardi mengatakan, keberangkatan 120 orang warga Malaysia itu merupakan tahap pertama dari 230 orang yang akan dievakuasi. Hal itu, katanya, terkait dengan tidak sehatnya kualitas udara di Pekanbaru akibat kabut asap. "Ini langkah antisipasi pemerintah kami. Apalagi Riau sudah ditetapkan sebagai Darurat Pencemaran Udara," katanya. (rls/ehm)