Kementerian Perdagangan Gelar Pasar Murah di Pekanbaru

Jumat, 16 Juni 2017

PEKANBARU - riautribune : Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan pihak swasta mengadakan Pasar Murah Ramadan di seluruh Indonesia. Jumat (16/6/2017) giliran Pekanbaru, Riau yang mendapat jatah digelarnya Pasar murah tersebut.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Ekspor Produk Industri dan Pertambangan, Merry Maryati dan juga Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman.

Pelaksanaan Pasar Murah Ramadan di Pekanbaru diadakan di satu titik yaitu Pondok Pesantren Al-Uswah, jalan Balam Sakti, Gang Nuri, Panam, Pekanbaru, Riau.

Pasar Murah Ramadan tersebut terlaksana lewat kerja sama dengan Musim Mas Group anak perusahaan dari PT Inti Benua Perkasatama yang menyediakan paket-paket sembako yang dapat dibeli dengan harga murah sebagai salah satu bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) mereka.

"Tahun ini Alhamdulillah akan ada 300 titik Pasar Murah yang tersebar di seluruh Indonesia. Pemerintah berharap ibu-ibu dapat tersenyum dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri," ujar Merry.

Pada lokasi Pondok Pesantren tersebut disiapkan 500 paket sembako yang dijual dengan harga Rp50.000,00. Paket sembako terdiri atas beras 2 kilogram, gula pasir 2 kilogram, minyak goreng dua liter, tepung terigu 2 kilogram, dan sirup 1 botol.

Merry menambahkan jika di tahun-tahun sebelumnya harga melonjak tinggi di Bulan Ramadan, maka tahun ini harga-harga lebih stabil.

"Pemerintah bersama seluruh distributor dan pengusaha siap mengamankan kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri agar masyarakat khususnya yang beragama Islam di Bulan Ramadan ini dapat dengan khusyuk berpuasa tanpa memikirkan adanya kenaikan harga," ungkapnya.

Sementara itu Irba mengatakan kegiatan semacam ini yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat di Bulan Ramadan selain adanya kegiatan pemantauan pasar yg dilakukan oleh pemerintah terhadap Harga Eceran Tertinggi (HET) komoditi utama yaitu Daging, Gula, dan Minyak Goreng.

"Mudah-mudahan masyarakat terbantu dengan adanya kegiatan ini," tukasnya.(hrc)