SBY: Jangan Sampai Pilkada Jadi Perang Politik

Jumat, 16 Juni 2017

foto internet

MALANG - riautribune : Presiden Kelima Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai panasnya Pilkada Jakarta telah mempu menghancurkan sendi persaudaraaan dan kerukunan antar-masyarakat.

"Untuk itu, kita harap jangan sampai ada lagi Pilkada yang dijadikan sebagai ajang perang politik, permusuhan antar umat, etnis, agama dan sebagainya," kata Ketua Umum Partai Demokrat ini saat Safari Ramadhan di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (16/6).

Melihat situasi Pilkada Jakarta membuatnya membandingkan bagaimana kondisi pemilihan di masa lalu. Dia menyatakan, pemilihan kepala daerah dengan calon yang berbeda agama sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Telah banyak daerah memiliki calon pemimpin dengan agama yang berbeda satu sama lain, tapi Pilkada tetap berjalan tertib dan damai.

"Lalu kenapa Pilkada Jakarta bisa seperti ini (situasi panas)?" tegas dia.

Dengan adanya kejadian itu, SBY berharap semua elemen masyarakat saling berintrospeksi diri. Tidak hanya kandidat calon pemimpin darerah, tapi juga masyarakat dan pemerintah. Bahkan, introspeksi diri juga perlu dilakukan para penegak hukum, pers dan sebagainya.

"Indonesia akan sedih apabila demokrasi kita akan mundur," tambah dia.(rep)