Jokowi: Hentikan Saling Menjelekkan

Jumat, 16 Juni 2017

foto internet

JAKARTA - riautribune : Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bangsa Indonesia adalah bangsa yang penuh dengan nilai-nilai kesantunan dan kesopanan. Hal ini disampaikan Jokowi ketika bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Darussalam, Kabupaten Banyumas, Kamis (15/6).

Karena itu, Jokowi meminta agar masyarakat menyadari adanya perbedaan. Sebab, Indonesia memiliki ratusan macam suku di berbagai daerah.

"Dan itu adalah hukum Allah, takdir Allah yang diberikan kepada negara kita Indonesia, yang harus kita syukuri bersama-sama, harus kita syukuri. Oleh sebab itu jangan melupakan persaudaraan kita," ucap Presiden, berdasarkan siaran resmi Istana, Jumat (16/6).

Untuk itu, Jokowi kembali mengajak untuk menghentikan sikap saling menyalahkan antar umat. "Saling menjelekkan kita hentikan, saling memfitnah, mencemooh, mencela, itu bukan budaya bangsa Indonesia," katanya

Presiden pun memberikan apresiasinya kepada Pondok Pesantren Darussalam karena telah turut memberikan pemahaman mengenai kehidupan berbangsa melalui training pemahaman kebangsaan. “Supaya semua tahu betul bahwa negara kita negara beragam,” tambahnya.

Dalam training ini mengajarkan pemahaman Islam yang rahmatan lil alamin, mengenai kehidupan berbangsa, bernegara, bermasyarakat dalam perspektif Islam, termasuk pemahaman mengenai radikalisme vs liberalise.

“Semuanya diajarkan di sini. Ini sangat bagus sekali, sehingga kita tahu yang benar itu mana dan apa yang harus kita lakukan,” kata dia.(rep)