Main di Kandang, Persib Susah Payah Taklukkan Persiba 1-0

Senin, 12 Juni 2017

foto internet

JAKARTA - Persib Bandung harus susah payah mengamankan tiga poin atas lawannya Persib Balikpapan, di pekan ke-10 Liga 1, Ahad, 11 Juni 2017. Pada pertandingan itu, Persib unggul tipis 1-0 melalui gol yang diciptakan Raphael Maitimo di menit ke-87. Atas kemenangan tersebut Persib naik ke deretan papan atas klasemen sementara.

Gol Persib tercipta saat pertandingan menyisakan 3 menit waktu normal. Gol tersebut tercipta berkat kejelian Raphael Maitimo yang mampu menyambut umpan dari Wildansyah di sisi kanan pertahanan Persiba. Berada di tengah kawalan pemain belakang Persiba, Maitimo memenangi duel udara dan menceploskan bola melalui kepalanya.

Main di hadapan ribuan bobotoh yang memadati Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Persib justru terlihat tertekan. Di babak pertama, punggawa Persib tampak kelimpungan membangun serangan. Sebaliknya, pemain depan Persiba Balikpapan berkali-kali membahayakan gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan.

Di babak pertama, kedua tim tampak bermain dengan tempo lambat. Lini tengah Persib yang diisi Essien dan Ahmad Subagja nampak tersendat mengalirkan bola ke pemain depan Persib. Persib justru mengandalkan serangan yang dibangun dari dua lini sayapnya. Sayangnya, penampilan Fulgensius Billy Keraf belum maksimal.

Bagitupun Persiba, tim berjuluk Beruang Madu itu tampak bermain hati-hati dan mengandalkan serangan balik. Di babak kedua, Persib melakukan pergantian pemain. Dua pemain muda Persib: Angga Febryanto dan Fulgensius Billy ditarik keluar digantikan oleh Tantan dan Atep.

Pergantian pemain itu nampak memberikan perubahan pada permainan Persib. Atep yang diplot sebagai gelandang sayap berkali-kali mampu menusuk jantung pertahanan Persiba.

Di menit ke-56 Atep memilki peluang cukup matang. Sayangnya, sundulan Atep yang menyambut umpan dari Michael Essien masih bisa ditepis penjaga gawang Persiba.

Di pertengahan babak kedua, di menit ke-60, Persib kembali melakukan pergantian pemain. Raphael Maitimo masuk menggantikan pemain muda Ahmad Basith. Begitupun dengan Persiba. Persiba melakukan tiga pergantian pemain sekaligus di babak kedua.

Sebetulnya, Persib bisa unggul lebih cepat di me it 84. Namun, sayangnya peluang pinalti yang dieksekusi Vladimir Vujovic berhasil ditepis penjaga gawang Kurniawan Kartika.

Meski menang tipis pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, menyambut kemenangan ini dengan rasa syukur. Ia mengaku kemenangan ini sangat penting untuk mendongkrak mental pemain yang sebelumnya jatuh ketika mengalami dua kekalahan beruntun.

"Hasil ini mudah-mudahan dapat mengobati mental pemain," ujar Djadjang selepas pertandingan.  Sementara itu pelatih Persiba Balikpapan, Milomir Seslija, mengaku kecewa dengan hasil ini. Terlebih, timnya saat ini tengah berjuang keluar dari zona degradasi.

"Hasil pertandingan yang buruk. Kami tidak bisa mempertahankan skor," ujar Milomir. Ia pun menyoroti kepemimpinan wasit dalam laga melawan Persib di pekan ke-10 Liga 1 itu, yang dia anggap tidak adil. "Untuk wasit saya tidak bisa berkata apa-apa," ujarnya.(tmpo)