Naik, Harga TBS CPO Menggembirakan Jelang Lebaran Tahun Ini

Kamis, 01 Juni 2017

Ilustrasi/Net

PEKANBARU - riautribune : Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau pada awal Ramadan tahun ini sangat menggemberikan petani. Sebab mengalami kenaikan hingga hampir menyentuh angka Rp2.000 per kilogram.

Berdasarkan hasil rapat Tim Penetapan Harga yang dipimpin oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, kenaikan harga TBS karena faktor internal yaitu naiknya harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan sumber data.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau Ferry HC Ernaputra menjelaskan, harga untuk periode 31 Mei-6 Juni 2017 untuk umur 10-20 tahun, tercatat sebesar Rp1.910,70/kg atau naik sebesar Rp16,91/kg dibandingkan harga seminggu sebelumnya yang tercatat sebesar Rp1.893,79/kg.

"Faktor eksternal mempengaruhi terjadinya kenaikan harga TBS CPO antaralain masih  meningkatnya permintaan atau konsumsi CPO selama sebulan Ramadhan terutama untuk kebutuhan domestik," kata Ferry HC, Kamis (1/6/2017).

Selain itu, lanjutnya, saat ini hasil panen TBS CPO petani di Riau juga sedang mengalami penurunan, sehingga stok CPO mengalami penurunan.

"Harga TBS CPO Riau paling rendah sebesar Rp1.367,86/kg, sehingga menggembirakan petani di tengah meningkatnya kebutuhan menjelang lebaran," ujar Ferry HC. (lem/rul)