Satgas Pangan Riau Bongkar 8 Gudang Penimbunan Kepoknas di Pekanbaru

Rabu, 31 Mei 2017

Sidak yang dilakukan KPPU Wilayah Batam di gudang sembako Jalan Jenderal Pekanbaru jelang Ramadhan lalu.

PEKANBARU - riautribune : Satgas Pangan Riau membongkar delapan unit gudang yang terindikasi digunakan untuk melakukan penimbunan Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) di Sentral Niaga, Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru, Rabu (31/5/2017).

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman, menegaskan setelah disegel untuk penyelidikan lalu dilakukan penuntasan masalah hukum. Sedangkan bahan yang ada dipaksa dijual ke pasaran.

Temuan gudang terindikasi menimbun Kepokmas tersebut berawal dari informasi masyarakat serta adanya aktivitas yang mencolok, lalu ditindaklanjuti Satgas dengan melakukan Sidak dan menemukan ratusan ton Kepokmas yang terdiri dari beras, gula, susu, sarden, kedelai dan beragam bahan pangan lainnya.

"Hasil pemeriksaan gudang tersebut tidak mengantongi izin. Diantara izin yang tidak dipenuhi adalah Tanda Daftar Gudang (TGD) dan pengelola tidak melaporkan aktivitas bongkar muat sehingga terindikasi terjadi pengoplosan atau penimbunan," ujar Mas Irba.

Mas Irba mengatakan menyangkut masalah hukum diserahkan langsung ke Satgas Pangan dibawah koordinasi Polda Riau. (lem/rul)