Aturan Cabul Sesama Jenis Belum Menjangkau Orang Dewasa

Rabu, 24 Mei 2017

foto internet

JAKARTA - riautribune : Terkuaknya pesta sex ratusan pria telanjang di Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Minggu (21/5) malam, menunjukkan bahwa keberadaan kelompok homoseksual bukan isapan jempol.

Anggota Komisi III DPR, Aboe Bakar Al Habsy menilai prestasi kinerja Polri membongkar 141 pria gay itu. Namun di sisin lain, peringatan bagi masyarakat, apalagi diketahui pesta tersebut sudah berjalan selama tiga tahun.

"Sebenarnya pengaturan mengenai pelarangan cabul sesama jenis memang telah diatur dalam Pasal 292 KUHP ini namun hanya sebatas pada pelarangan hubungan cabul sesama jenis terhadap anak dibawah umur," kata Aboe Bakar melalui siaran pers, Rabu (24/5).

Pasal 292 KUHP ini berbunyi, 'Orang dewasa yang melakukan perbuatan cabul dengan orang lain sesama kelamin, yang diketahuinya atau sepatutnya harus diduganya belum dewasa, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun'.

Kasus pesta sex sesama jenis ini perlu mendapat perhatian dari hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dalam memeriksa perkara yang ajukan sekelompok tokoh masyarakat, swalah satunya pasal 292 KUHP.

"Di sinilah ada kebutuhan untuk menyesuaikan pasal-pasal tinggalan Belanda yang sudah berusia ratusan tahun tersebut," terangnya.

Wabah homoseksual ini juga, menurutnya harus menjadi perhatian negara. Sebab, dikhawatirkan akan mengancam bangsa itu sendiri ke depannya. “Karena ketahanan sebuah negara akan diawali dari ketahanan keluarga,” katanya.

Sementara di Indonesia, lanjut Aboe Bakar, telah meletakkan konsep dasar ketahanan keluarga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Itu dibuktikan dengan keberadaan UU Perlindungan Anak dan UU Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

"Negara tidak boleh abai dengan persoalan ini, bisa saja pesta di Kelapa Gading kemarin hanya satu kasus dari pandora persoalan hubungan sesama jenis," tegasnya.

Karenanya, ia mendorong Polri perlu lebih giat lagi membongkar jaringan yang serupa, mengingat bahwa The Wild One ini sudah berlangsung selama tiga tahun.

Sebanyak 141 pria telanjang diamankan dalam pesta gay di Atlantis Gym, Ruko Permata, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (21/5) malam. Ratusan pria tersebut menggelar acara bertajuk ‘The Wild One’. (rmol)