Fadli Zon: RI-Ukraina Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan

Jumat, 19 Mei 2017

FOTO Rmol

JAKARTA - riautribune : Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon bertemu dengan Deputi Menteri Pertahanan Ukraina, Ivan Rusnak, sehari sebelum menghadiri Global Open Parliament Conference di Ukraina. Pada pertemuan tersebut dibahas beberapa hal perkembangan isu pertahanan Ukraina, termasuk upaya penguatan kerja sama kedua negara.

Terkait dengan perkembangan isu keamanan di Ukraina, Ivan Rusnak menyampaikan tentang pendudukan di tiga wilayah yaitu Crimea, Luhansk dan Donetsk yang dinilai mengganggu kedaulatan teritori Ukraina. Ivan Rusnak menyambut baik hubungan kedua negara yang makin meningkat termasuk kerja sama teknis di bidang militer.

Ivan Rusnak juga mendukung peningkatan kerja sama industri pertahanan dengan Indonesia. Menurutnya, teknologi alat-alat pertahanan yang dimiliki Ukraina dapat mendukung kebutuhan alutsista Indonesia.

Pada kesempatan itu Fadli Zon menyatakan simpati terhadap situasi yang terjadi di kawasan. Ia berharap sengketa dapat diselesaikan melalui upaya damai dan diplomasi, baik dalam kerangka bilateral maupun multilateral. Tindakan militer justru akan membuat ancaman bagi human security dan tentunya mempersulit proses perdamaian yang ingin dicapai.

Terkait peningkatan kerja sama pertahanan, dari sisi parlemen, Fadli Zon akan mendorong agar Agreement on Defense Cooperation antara Indonesia-Ukraina yang sudah ditandatangani pada 2016, dapat terealisasi. Seperti kerja sama teknis di bidang pertahanan.

Pertemuan ini sekaligus sebagai bagian dari aktivitas diplomasi DPR atas kerja sama teknis pertahanan yang sudah dilakukan Indonesia-Ukraina. Antara lain perawatan engine pesawat Sukhoi, pembelian kendaraan amphibi BMP 3F marinir, dan 5 unit BTR-4M. Saat ini juga pihak pemerintah melalui instansi terkait sedang menjajaki pembelian pesawat Antonov An-70.  

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua DPR Fadli Zon didampingi oleh Anggota DPR Amelia Anggraini dan staf KBRI di Ukraina. (rmol)