Catatan Valentino Rossi di Sirkuit Le Mans dalam Tiga Musim Terakhir

Selasa, 16 Mei 2017

foto internet

PEMBALAP Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, memang tak bisa diragukan lagi mengenai kemampuannya dalam ajang balap MotoGP. Pembalap asal Italia itu tercatat telah mengoleksi tujuh gelar juara dunia MotoGP sepanjang 14 berkarier di MotoGP.

Jelang GP Prancis 2017, Rossi diharapkan mampu kembali tampil cemerlang musim ini. Maklum saja, saat mengaspal di GP Jerez, The Doctor –julukan Rossi– gagal untuk kembali berdiri di posisi tiga besar.

Menilik prestasinya dalam tiga musim terakhir, Rossi tercatat memiliki raihan yang positif dengan selalu menduduki peringkat runner-up. Pada 2014, Rossi meraih posisi runner-up setelah memulai balapan dari posisi kelima.

Pada musim tersebut, Rossi harus dikalahkan oleh Marc Marquez (Repsol Honda) yang berhasil memenangi balapan tersebut. Di musim berikutnya, Rossi kembali harus menduduki peringkat kedua. Kali ini Rossi berhasil tampil menakjubkan karena meraih posisi runner-up setelah memulai balapan dari posisi ketujuh.

Pada musim tersebut, Rossi harus dikalahkan rekan setimnya kala itu, Jorge Lorenzo (Ducati Corse). Pada musim 2016, pembalap berusia 38 tahun itu harus kembali menduduki posisi kedua setelah mengaspal di sirkuit dengan panjang 4,2 km itu.

Berdasarkan hasil tiga musim terakhir itu, Rossi berharap kembali mendulang hasil sukses di GP Prancis 2017. Oleh karena itu patut disaksikan penampilan VR46 musim ini saat balapan di Sirkuit Le Mans, Prancis, pada Minggu 21 Mei 2017.