Jelang Ramadhan, Disperindag Pekanbaru Intensifkan Pengawasan Kepokmas

Sabtu, 13 Mei 2017

Produk yang dijual di salah satu supermarket.

PEKANBARU - riautribune : Menjelang masuk bulan suci Ramadhan 1438 H yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru melalui Bidang Perdagangan mengintensifan pengawasan Bahan Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas).

Kabid Perdagangan Disperindag Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman, hasil pemeriksaan yang dilakukan, pihaknya baru saja menemukan susu kadaluwarsa yang diedarkan dari salah satu ritel. Pihaknya berencana melakukan sweeping terhadap produk makanan dan minuman seiring dengan masih ditemukan produk-produk kadaluwarsa dijual di pasaran.

"Sebagai tindak lanjut temuan, kami sudah menggandeng Disperindag Provinsi Riau untuk mengintensifkan pengawasan terhadap peredaran makanan dan minuman yang ada di pasaran, meliputi pertokoan, pasar tradisional serta ritel," ujar Mas Irba, Jumat (12/5/2017).

Pengawasan pada saat Ramadhan dilakukan juga dimaksudkan mengantisipasi dengan banyaknya pangan impor yang beredar yang berbanding lurus dengan budaya konsumtif masyarakat yang tinggi pada saat itu.

"Jika pelanggaran ditemukan tidak tertutup kemungkinan kami akan memberikan sangsi terhadap pemilik berupa penegakan Undang-undang Pelayanan Konsumen," sampainya.

Disperindag, kata Mas Irba Sulaiman, juga mengajak dan meminta kepada masyarakat untuk aktif bekerjasama dengan pemerintah melaporkan bila menemukan adanya toko-toko yang menjual produk sudah tidak layak konsumsi. (lem/rul)