Hadapi Monaco di Semifinal Leg II, Juventus Tampil Agresif

Selasa, 09 Mei 2017

foto internet

TURIN – Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, memastikan timnya tampil agresif saat menjamu AS Monaco di semifinal leg II Liga Champions, Rabu 10 Mei 2017 dini hari WIB. Dalam pandangan Allegri hanya keagresifan yang dapat mematikan keuletan pemain-pemain Monaco asuhan Leonardo Jardim.

“Apa yang harus kami lakukan di laga nanti? Kami akan bermain agresif, bermain dengan teknik tinggi dan lebih baik ketimbang saat kami tampil di Monaco. Di Monaco, kami sering buat kesalahan. Karena itu di laga nanti, sisi agresivitas harus diimbangi dengan kesabaran,” kata Allegri mengutip dari Football Italia, Selasa (9/5/2017).

Jika ingin mengandalkan sisi agresivitas, Allegri dapat mengandalkan 3-4-2-1, pola yang digunakan saat mereka mengalahkan Monaco 2-0 di semifinal leg I. Saat itu dua wing back Juventus (Dani Alves dan Alex Sandro) beberapa kali membuat kerepotan lini pertahanan Les Monegasques –julukan Monaco.

Bahkan dua gol Juventus yang dicetak Gonzalo Higuain berasal dari assist sang wing back, Dani Alves. Tidak sampai di situ, pola 3-4-2-1 juga memberikan keseimbangan kepada Juventus. Dua gelandang tengah yakni Claudio Marchisio dan Miralem Pjanic mampu menyerang dan bertahan sama baiknya.

Selain itu, pola 3-4-2-1 juga mampu meredam serangan-serangan Monaco. Beberapa kali akselerasi dari dua bomber Monaco, Kylian Mbappe dan Radamel Falcao dimatikan trio lini belakang yang diisi Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Tambahan, formasi 3-4-2-1 milik Juventus juga belum diketahui banyak pihak. Sebab sepanjang musim ini, Allegri lebih identik dengan pola 3-5-2 dan 4-2-3-1.(okz)