Pj Walikota Pekanbaru Kunjungi Rutan Sialang Bungkuk

Sabtu, 06 Mei 2017

foto internet

PEKANBARU - riautribune : Pasca ratusan tahanan melarikan diri, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Edwar Sanger kunjungi rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru. Pj Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger menyebut, dari ratusan tahanan yang kabur saat ini sudah berhasil diamankan sekitar 70 tahanan. Sebagian tahanan yang tertangkap dipindahkan ke lapas kelas II A Jalan Kapling Kota Pekanbaru.

"Saya sudah melakukan pengecekan, ‎Alhamdulillah kondisi di dalam Lapas sudah kondusif dan aman," kata Edwar Sanger, Jumat (5/5/2017). Ia menyebut, tidak tau pasti apa yang menyebabkan tahanan ini kabur. Tapi kata dia, Rutan Sialang Bungkuk ini telah melebihi kapasitas atau overload.

Ia menyebut, saat ini total tahanan yang ada di dalam sebanyak 1.800 orang. Sementara kapasitasnya hanya 361 orang. "Tentu banyak kekurangan, mulai dari air bersih, makanan dan seluruh sarana yang ada, maka dari itu mereka memberontak dan kabur," kata Edwar.

Edwar juga meminta seluruh warga berhati-hati, jika berjumpa dengan orang tak dikenal maka langsung lapor ke pihak keamanan. "Kita juga berharap, kepada mereka (tahanan) yang kabur, kembali dengan cara baik baik untuk menyerahkan diri," ujar Edwar.

Saat ini pihak kepolisian dan TNI dibantu warga masih melakukan pengejaran terhadap para tahqnan yang kabur. Informasi yang didapat, beberapa tahanan yang kabur sempat merampas sepeda motor warga.(hrc)