Semen Padang Tekuk Persipura 1-0

Sabtu, 29 April 2017

foto internet

PADANG - Semen Padang FC berhasil menang 1-0 atas Persipura Jayapura dalam lanjutan kompetisi Liga 1 di Stadion Agus Salim, Padang, Jumat malam. Gol tunggul tuan rumah diciptakan Riko Simanjuntak.

Riko yang diturunkan pada babak kedua itu tampil apik. Pemain bernomor punggung 20 itu memberikan kemenangan kepada Semen Padang pada menit 60 setelah memanfaatkan umpan Vendry Mofu.

Kemenangan ini mengantarkan Semen Padang kembali ke puncak klasemen sementara Skuad Kabau Sirau itu mengoleksi tujuh poin dari tiga laga yang telah dilakoni. Adapun Persipura bertengger diurutan kedelapan dengan koleksi empat poin.

Pada babak pertama Persipura mendominasi pertandingan. Boaz Solossa dan kawan-kawan memborbardir jantung pertahanan tuan rumah.

Sejumlah peluang pun berhasil diciptakan tim Mutiara Hitam. Upaya Boaz melalui tendanganya di menit 11 belum berhasil menembus tembok pertahanan Semen Padang yang dikawal Cassio Fransisco. Begitu juga dengan tendangan Osvaldo satu menit kemudian yang masih melambung di atas gawang.

Pada menit 21 tendangan keras Boaz kembali dipatahkan bek Kabau Sirah. Marinus yang menerobos ke sisi kiri pertahanan tuan rumah juga berupaya melepaskan tendangan ke gawang Jandia Eka Putra, tapi masih belum malahirkan gol

Semen Padang FC melalui Marcel Sacramento dan Vendry Mofu mencoba membalas serangan tim tamu. Umpan Hengki Ardiles dari sisi kiri area penalti lawan belum berhasil dimanfaatkan Mofu.
Begitu juga dengan umpan lambung Marcel ke kotak penalti Persipura yang gagal dikonversi menjadi gol oleh Mofu. Tendangannya pemain asal Papua itu masih bisa diblok.

Menjelang turun minum, Persipura kembali melancarkan serangan lewat Osvaldo Fei. Sejumlah peluang didapatkan pemain bernomong punggung 46 itu dari sisi kanan gawang tuan rumah. Namun belum berhasil membuahkan gol. Skor kaca mata pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, Pelatih Semen Padang FC Nil Maizar melakukan pergantian pemain. Rudi masuk menggantikan Syamsul Bahri dan Kevin Ivander digantikan Riko Simanjuntak.

Alhasil, serangan Semen Padang lebih kreatif. Terutama dari sayap kanan. Riko beberapa kali terlihat merepotkan pertahanan Persipura. Pemain asal Sumatera Utara itu pun berhasil membawa timnya unggul pada menit 60.

Skor 1-0 ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak kedua usai. Semen Padang FC kembali menunjukan keangkeran Stadion H Agus Salim Padang.

Pada laga ini, Nil menurunkan pemain bintang kelas dunianya atau marquee player Didier Zokora. Mantan pemain Tottenham Hotspurs itu memperkuat di lini tengah Semen Padang FC dengan meredam sejumlah serangan. Terutama pada babak pertama.

Sedangkan pada babak kedua, pemain asal tim nasional Pantai Gading belum berkontribusi banyak. Zokora terlihat keletihan. Malah pada menit 55, dia dihadiahi kartu kuning pada menit 55 setelah melanggar Alom.(tmpo)