Bupati Siak Peroleh Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung Dari Keraton

Rabu, 26 April 2017

foto riauone

SIAK - riautribune : Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si, menerima gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo, Jawa Tengah, pada peringatan Tinggalandem Jumenengan Sampeyan Ingkang Sunuwun Kanjeng Susuhunan Pakoe Boewono (SISKS PB) XIII.
 
Pemberian gelar kehormatan dengan sebutan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Drs. H. Syamsuar Darmodipuro, M.Si dilakukan langsung oleh Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII, diruang tertutup yang dijaga ketat oleh staf keraton.
 
Saat dijumpai, Bupati Syamsuar mengaku tidak menyangka kalau dirinya menerima gelar Kanjeng Raden  Tumenggung yang selanjutnya tercatat sebagai kerabat Keraton Surakarta Hadiningrat. Disebutkannya, meski banyak perbedaan adat dan budaya dengan Siak, namun keanekaragaman ini patut dijaga dan dilestarikan, karena ini merupakan bagian keragaman Bangsa Indonesia yang ber Bhineka Tunggal Ika.
 
Sementara itu, staf keraton yang enggan disebut namanya mengatakan, pemberian gelar ini merupakan bentuk apresiasi keraton dan sekaligus memperingati  Tinggalandem Jumenengan Pakoe Boewono XIII. Gelar kehormatan tersebut diberikan kepada abdi dalem, tokoh masyarakat, pengusaha, pejabat,  dan tokoh-tokoh dari berbagai negara. Khusus untuk Bupati Siak, pihak keraton menilai sosok Syamsuar atas dedikasi dan keberhasilannya dalam membangun daerah dan menjaga kerukunan antar suku sehingga layak diberi gelar kehormatan tersebut.
 
Salah seorang tokoh masyarakat suku Jawa Riau, Rusdaryanto (Cak Rus), menyampaikan rasa terharunya, karena menurut dia, Bupati Siak dua periode itu cukup pantas mendapat gelar tersebut, Ia senang sekali Pak Syamsuar dapat gelar tersebut. Kita sebagai rakyat Siak tentulah bangga, melihat pemimpin kita dihargai dan dihormati dari pihak keraton.  
 
Secara politis, Pak Syam ini adalah mantan rival saya, tetapi beliau bagus dalam memimpin Siak, makanya saya dukung. Menurutnya, Bupati Syamsuar adalah pemimpin dan pengayom antar suku, golongan dan agama, dan ia selalu mendengarkan keluhan-keluhan dari masyarakat dan tanggap terhadap keluhan tersebut.
 
Ngatmin pun, selaku Ketua Ikatan Puja Kesuma Kabupaten Siak, merasa bangga karena Bupati Siak Syamsuar bisa mendapat gelar tersebut. Ia mengharapkan Bupati bisa mengajak warga keturunan Jawa di Siak agar lebih rukun dan lebih bermartabat. Selain itu, bisa mempererat hubungan antar suku bangsa yang ada di Siak.(ro)