Distanak Pekanbaru Antisipasi Krisis Cabai Saat Ramahdan

Jumat, 21 April 2017

Ilustrasi/Net

PEKANBARU - riautribune : Dalam rangka meminimalisir terjadinya kenaikan harga akibat kelangkaan cabai dipasaran, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru mendorong warga yang memiliki perkarangan untuk menanam cabai dengan menggunakan polybag.

Menurut Kepala Distanak Kota Pekanbaru El Syabrina, pihaknya membagikan 20 bibit cabai kepada masyarkat di 10 kecamatan yang ada agar pasokan cabai saat Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri nanti tetap tersedia.

"Pemberian bibit cabai tersebut sebagai tahap awal untuk mengoptimalkan lahan pekarangan rumah, sekolah, kantor dan gedung, sehingga bisa menjaga ketahanan dan kemandirian pangan khususnya cabai, dalam upaya mengatasi krisis harga cabai berkelanjutan," ujar El Saybrina di Pekanbaru, Jumat (21/4/2017).

Selama ini, lanjutnya, Kota Pekanbaru hanya mampu memenuhi 20 persen dari kebutuhan cabai yakni 4 ton per hari. Maka dengan mendorong masyarakat memanam cabai di perkarangan akan efektif untuk mengatasi melonjaknya harga yang selama ini terus terjadi, apalagi Riau merupakan salah satu daerah konsumen cabai terbesar.

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Distanakan Kota Pekanbaru, M. Nasir menjelaskan, dari 20 ribu pokok bibit cabai akan difokuskan di beberapa kecamatan yang berada di pusat kota, bukan daerah pinggiran. (lem/rul)