Menpora Buka Peluang Bangun Sirkuit Baru untuk MotoGP

Jumat, 11 September 2015

ilustrasi : internet

Bandung-riautribunr : Sirkuit Sentul jadi kandidat utama terkait recana Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP 2017. Menpora Imam Nahrawi menyebut kans Sentul memang besar, namun dia tak menutup peluang membangun lintasan baru.

Indonesia membidik untuk menjadi salah satu tuan rumah MotoGP di musim 2017 mendatang. Kans tersebut dianggap besar terjadi setelah Dorna selaku penyelenggara MotoGP sudah datang ke Indonesia melakukan pembicaraan dengan beberapa pihak.

"Memang itu yang sudah diusulkan oleh mereka untuk renovasi itu (Sentul). Tapi kan kita masih lihat lagi seperti apa," kata Imam kepada detikSport, di Bandung, Kamis (10/9/2015).

"Karena untuk membuat sirkuit baru juga sangat memungkinkan. Banyak sirkuit justru lebih bagus biar semakin banyak masyarakat menyelenggarakan balapan motor dan sebagainya," lanjutnya.

Dilanjutkan Imam, saat ini pihaknya masih menghitung-hitung modal yang harus dikeluarkan jika harus merenovasi atau membuat sirkuit baru.

"Ya kita lihat berapa modal yang perlu disiapkan untuk renovasi, atau sebaliknya berapa modal yang diperlukan untuk membuat sirkuit baru. Selagi itu lebih efisien, yang ada maka kita bisa renovasi. Yang penting memenuhi standar yang diberikan oleh penyelenggara," ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya saat ini juga tengah memastikan hak kepemilikikan sirkuit Sentul. Terlebih sirkuit itu bukan milik negara.

"Makanya itu yang sedang kita lihat. Nanti saat membangun kan kita libatkan hukum untuk melihatnya. Yang penting idenya dulu. Bahwa seperti apa mau bangun, kita pasti ikut aturan."

"Ada aturan. Kalau ada soal hukum nanti bereskan pakai hukum. Tapi yang penting aturannya jelas," pungkasnya.(dtc)