IKA UR dan Dinkes Riau Sosialisasikan Germas di Acara Jalan Santai

Senin, 17 April 2017

foto Hrc

PEKANBARU - riautribune : Peserta Jalan Santai yang dihadiri oleh Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman bersama Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA UR) melakukan cek kesehatan di Stand Kesehatan yang digelar di halaman GOR Tribuana Jalan Diponegoro Pekanbaru, Ahad (16/4/2017).

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan dalam rangka upaya mensosialisasikan tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) berkolaborasi dengan IKA UR.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Hj. Mimi Yuliani Nazir, dalam kesempatan ini mengatakan bahwa Germas adalah suatu gerakan yang dilakukan secara terencana, terstruktur dan dilakukan oleh segenap lapisan masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk hidup sehat yang merupakan upaya promotif preventif untuk mencegah masyarakat tidak mudah sakit.

Germas ini telah dicanangkan oleh Menteri Kesehatan pada tahun lalu di Bantul Jogyakarta.

Kegiatan ini harus mendapat perhatian khusus dan harus dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat sebagai salah  satu upaya dalam menghindari Penyakit Tidak Menular (PTM). Begitu pentingnya bahkan presiden Jokowidodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden No. 1 tahun 2017 tentang pelaksanaan Germas.

"Kegiatan pagi ini adalah salah satu strategi Dinas Kesehatan dalam memasyarakatkan hidup sehat bagi masyarakat , khusus bagi yang datang pagi ini," ujar Mimi.

Lebih jauh Mimi menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sering dilakukan oleh Dinas Kesehatan bekerjasama dengan berbagai lintas sektor dan organisasi masyarakat. Dinkes Provinsi melaksanakan kegiatan dengan kolaborasi 3 seksi yaitu, Seksi Penyakit Tidak Menular (PTM), Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi dan Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat.

"Kita tahu saat ini penyakit tidak menular seperti Hipertensi, Jantung, Diabetes dan Kanker merupakan penyakit dengan jumlah penderita tertinggi di Indonesia. Diharapkan nanti dengan budaya hidup sehat angka kesakitan terutama untuk penyakit Tidak menular bisa diturunkan," ulas Mimi.

Sementara itu Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Riau, Rozita, menyatakan bahwa acara tersebut adalah salah satu tugas pokok promkes dalam merubah perilaku masyarakat agar hidup sehat.

"Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Promkes, dalam upaya promotif dan preventif, kami selalu mencoba mensosialisasikan perilaku hidup sehat kepada masyarakat melalui kegiatan Kampanye Kesehatan, dimana kita mengajak masyarakat untuk melakukan aktifitas fisik, makan sayur dan buah  serta mau cek kesehatan secara rutin minimal setiap 6 bulan sekali," ujar Rozita.

Rozita mengatakan pihaknya berusaha bekerjasama dengan lintas program dan lintas sektor serta masyarakat dan komunitas-komunitas untuk melaksanakan Germas ini.

"Antusias dan keinginan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan cukup tinggi yaitu hampir 100 orang, dan dari hasil pemeriksaan tercatat 10 orang mengalami kolesterol tinggi, 10 orang lebih mengalami hipertensi ujarnya lagi. Pada kesempatan tsb  Ketua Pelaksana Harian IKA UR H. Ibnu Masud juga ikut dilakukan pemeriksaan.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatannya dengan perilaku hidup sehat seperti tidak merokok, mengkonsumsi makanan sehat, lakukan aktifitas fisik secara teratur, kelola stres dan cek kesehatan secara rutin agar terhindar dari penyakit," imbau Rozita. (Rls)