Pemkab Inhil dan PT BTN Tanda Tangani MoU

Kamis, 13 April 2017

TEMBILAHAN - riautribune : Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Indragiri Hilir (Inhil) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan bersama PT Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang Pekanbaru. Dengan kesepakatan itu, sekitar 300 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Inhil bakal punya rumah baru.

Penandatanganan dilakukan Bupati Inhil, H Muhammad Wardan dan Pimpinan PT BTN, Eko Waluyo, di Aula Lantai V Kantor Bupati Inhil, Selasa (11/4/2017). Hadir di acara itu, sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemkab Inhil.

Wardan mengatakan, dengan ditandatanganinya nota kesepakatan maka secara resmi kerja sama kedua belah pihak dalam pengadaan rumah bagi ASN. Ia berterima kasih kepada PT BTN yang sudah menunjukkan keseriusan dalam hal ini.

Wardan menjelaskan, sebenarnya koordinasi antara Pemkab Inhil dengan PT BTN sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu, termasuk rencana tentang penyediaan fasilitas kredit perumahan. Pihak pengembang juga sudah datang dan berkoordinasi dengan Pemkab Inhil.

Wardan berharap, khususnya kepada para ASN  agar dapat memanfaatkan keberadaan PT BTN dengan segala macam program yang ada sebagai sebuah momentum agar bisa mengkredit rumah. "Ini merupakan pelayanan bagi ASN Inhil yang telah lama menantikan adanya rumah dapat segera terwujud," kata Wardan.

Sementara itu, Eko Waluyo, mengungkapkan kebahagiaannya karena PT BTN telah diterima di Kabupaten Inhil yang dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman sebagai legal-formal. Ia berharap kerja sama ini tidak hanya di atas kertas tapi ditindaklanjuti dengan pengelolaan keuangan dan penyediaan fasilitas kredit bagi ASN.

Dijelaskannya, PT BTN sudah memberikan kredit perumahan  bagi ASN di lingkungan Pemkab Inhil. Kebijakan ini diberlakukan secara nasional pasca kerja sama yang dijalin antara PT BTN dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Sejauh ini, kami (PT BTN) telah MoU dengan 200 hingga 300 ASN penerima kredit perumahan. Mudah-mudahan dapat segera di-launching," kata Eko sambil menambahkan PT BTN juga berencana  menyediakan fasilitas kredit konsumtif renovasi rumah. (Adv)