Gubri Kukuhkan Pengurus ikatan akuntan indonesia (AIA) periode 2017-2021

Senin, 10 April 2017

foto Humas Pemprov

PEKANBARU - riautribune : Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) secara resmi sudah memiliki pengurus di Provinsi Riau. Hal ini setelah dilakukan pengukuhan pengurus IAI wilayah Riau periode tahun 2017 hingga tahun 2021, di Aula Bertuah Hall, Hotel Pengeran, Jalan Sudirman, Pekanbaru. Sebelum digelar acara pengukuhan ini, terlebih dahulu dilangsungkan acara Diskusi Nasional Akuntan Membangun Negeri.

Dengan tema ‘’Peran profesional akuntan dalam rangka memperkuat akuntabilitas pembangunan daerah’’. Rangkaian acara dimulai dengan pemberian setepak sirih kepada Guberbur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman dan kepada Dr Maliki Heru Santosa selaku Dewan pengurus Nasional IAI.

Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman, dalam kata sambutannya menyambut baik pengukuhan pengurus IAI cabang Provinsi Riau ini. Kedepannya, katanya, Pemda akan mengikuti program dari IAI dalam melakukan Accounting terhadap perusahan-perusahaan yang ada di Provinsi Riau.

‘’Selamat atas pengukuhan ini, semoga dengan pengukuhan ini, kerjasama dalam hal meningkatkan pembangunan di Riau dapat cepat teralisasi,’’ ujarnya.

Selanjutnya Gubri, langsung melakukan pembacaan surat keputusan (SK) IAI Wilayah Riau. Ia membacakan organisasi ini dipimpin Ketua umum terpilih adalah Drs H Hardi dan H Makmur Kasim SE MM Ak sebagai Sekretaris. Sementara itu, Gubri menjadi Dewan Pembina. Setelah itu, Dr Maliki Heru Santosa selaku Dewan pengurus Nasional IAI melakukan pengukuhan pengurus IAI Wilayah Riau.

Ia juga melakukan penyematan pin kepada Sekretaris IAI Wilayah Riau sekaligus CO Riau Pos Group (RPG) H Makmur Kasim SE MM Ak. Kemudian dilakukan penandatanganan SK oleh Ketua IAI Riau Drs H Hardi didampingi Dewan pengurus Nasional IAI Dr Maliki Heru Santosa dan disaksikan langsung oleh Gubri Arsyadjuliandi Rachman.

Dalam kata sambutannya, Dr Maliki Heru Santosa selaku dewan pengurus Nasional IAI meminta kepada pengurus di Riau dapat memaksimalkan pekerjaan dan dapat menjalin kerjasama dengan pemerintah. Dalam rangka peran profesional akuntan di Riau untuk memperkuat akuntabilitas pembangunan daerah Riau. ‘’Setelah pengukuhan ini, diharapkan IAI Riau dapat membantu Pemprov dan Pemda dalam hal pembangunan,’’ ujarnya.

Dengan penetapannya sebagai Ketua IAI Riau, Drs H Hardi SH MH Ak CA mengatakan, ia dan pengurus secepatnya akan melaksanakan kerjasama dengan media, dan pemerintah. Agar mempercepat program kerja membangun daerah Riau.

‘’Penting program kedepan segera kita percepat pengerjaannya, dan kita juga penting melakukan publikasi. Agar masyarakat paham kondisi pembangunan yang sedang berjalan sekarang ini,’’ katanya.

Sementara itu, Dr Djoniery selaku Direktur Perencanaan Keuangan OJK Jakarta di hadapan peserta mengatakan, pengukuhan pengurus ini perlu dilakukan. Di mana seperti kasus yang terjadi pada Google yang sekarang baru membayar pajak.

‘’Kasusnya ialah Google masuk ke Indonesia, tapi bayar pajak di Singapura. Contoh lain juga terjadi pada Starback dia buat usaha di Inggris, tapi bawa uang ke Belanda. Kenapa dia kirim uang itu ke Belanda, karena taks nya lebih murah di Belanda,’’ jelasnya. Mendekati kegiatan, Ketua IAI Riau pun melakukan penandatanganan MoU dengan Riau Pos. Terkait kerjsama dalam hal publikasi seluruh kegiatan IAI kedepannya.