Ribuan Kompang Kawal Pawai Damai

Kamis, 10 September 2015

Iringan kompang ikut mengawal pelaksanaan pawai damai pemilihan kepala daerah Kabupaten Bengkalis foto : afa

BENGKALIS-riautribune: Ribuan kompang mengawal pelaksanaan pawai damai pemilihan kepala daerah (pilkada) Bengkalis yang dilaksanakan di lapangan Tugu Bengkalis, Rabu (09/09). Tiga pasangan calon peserta Pilkada hadir di lokasi pawai.

Pelaksanaan pawai damai Pilkada 2015, dihadiri Pj. Bupati Ahmadsyah Harrofie, Kapolres, Dandim 0303, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis, Ketua DPRD Bengkalis, Ketua dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panwaslu, pengurus dari partai pengusus pasangan calon, sejumlah kepala SKPD dan ribuan masyarakat.

Pasangan nomor 1, Amril Mukhminin-Muhammad (AM-Mantap), pasangan nomor dua Herliyan Saleh hadir tanpa cawabup Riza Pahlefi (Hepi) yang dikabarkan masih sakit dan pasangan nomor 3, Sulaiman Zakaria-Noor Charis Putra (SNI) tampak sumringah di atas pentas lapangan Tugu. Ketiga pasangan calon diberi kesempatan oleh KPU untuk berorasi masing-masing selama empat menit dan memperagakan/ simulasi pencoblosan nomor urutnya. Acara puncak dari pawai Pilkada damai 2015 itu adalah seluruh pasangan calon berpawai diarak keliling jalan Jenderal Sudirman, Gatot Subroto dan Ahmad Yani, sebelum kembali ke lapangan Tugu.

Ketua KPU Bengkalis Defitri Akbar menyebutkan kalau pelaksanaan pawai Pilkada damai merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan Pilkada tahun 2015 di Kabupaten Bengkalis. KPU selaku pelaksana Pilkada memberikan kesempatan kepada seluruh pasangan calon untuk tampil berorasi serta menunjukan cara mencoblos nomor urut masing-masing dan kemudian melaksanakan pawai bersama.

“Pawai damai Pilkada tahun ini kita buat sedikit meriah tanpa mengurangi makna dari pelaksanaan pesta demokrasi tersebut. Dua ribuan kompang kami siapkan untuk mengiringi seluruh pasangan calon yang untuk diperkenalkan ke tengah masyarakat pemilih. Sehingga masyarakat tahu siapa pasangan calon yang dipilih untuk memimpin Negeri Junjungan lima tahun kedepan,” ungkap Defitri Akbar.

Sementara itu Pj Bupati Ahmadsyah Harrofie dalam sambutannya memaparkan bahwa telah hadir tiga pasangan calon dihadapan masyarakat Bengkalis, siapa yang akan mereka pilih pada pilkada tanggal 09 Desember mendatang. Pj Bupati menyebut ketiga pasangan calon merupakan putra terbaik Kabupaten Bengkalis yang dipastikan salah satunya akan menjadi pemimpin lima tahun ke depan.

“Kepada masyarakat Bengkalis yang hadir hari ini, telah hadir tiga pasangan calon dihadapan saudara. Silakan nanti, pilih salah satu dari ketiga pasangan calon ini di tempat pemungutan suara (TPS) sesuai dengan hati nurani. Mereka ini adalah putra-putra terbaik Bengkalis, silakan pilih nanti nomor 1, nomor 2 atau nomor 3,” imbau Ahmadsyah.

Kegiatan Pawai Damai Pilkada itu juga ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Pj Bupati bersama Kapolres, Dandim, ketua PN, Ketua DPRD, KPU dan Panwaslu Bengkalis bergambar nomor urut ketiga pasangan calon. Ribuan masyarakat tumpah ruah ke jalan-jalan yang dilalui peserta pawai, di mana masing-masing pasangan calon membawa pendukung fanatiknya disertai atribut serta atraksi kesenian tradisional.(afa)