Beri Semangat, Ahmadsyah Datangi MPA di Desa Sepahat

Rabu, 09 September 2015

PEKANBARU-Riautribune: Penjabat Bupati Bengkalis, Ahmadsyah Harrofie mendatangi bekas lahan yang terbakar di Desa Sepahat, Kecamatan Bukitbatu. Kedatangan Ahmadsyah memberi semangat kepada petugas Pemadam Kebakaran dan Masyarakat Peduli Api yang tetap siaga di daerah itu.

Kunjungan Ahmadsyah memberi motivasi bagi petugas yang beberapa hari ini terus siaga di areal lahan yang berada di pinggir jalan lintas Pakning – Dumai. Pj Bupati didampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Herman Mahmud, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Najamudin, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran M Jalal, Camat Bukit Batu M Fadlul, Kapolsek Bukit Batu, Kompol Sugeng, Danramel Bukit Batu, Kapten Isnanu, Pj Kepala Desa Sepahat, Muhammad Ali.

Kepada petugas pemadam kebakaran dari BPPD Damkar Bengkalis dan Masyarakat Peduli Api (MPA), Pj Bupati Bengkalis memberikan apresiasi kepada atas kerja keras dan kesabaran dalam upaya menanggulangi dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di daerah ini.

“Para petugas pemadam kebakaran yang selalu siaga di lapangan memantau ancaman kebakaran, merupakan tugas mulia. Kita patut memberikan penghargaan setingg-tingginya kepada mereka yang selalu siaga,” ujar Ahmadsyah.

Berdasarkan data BMKG sejak Senin kemarin di Kabupaten Bengkalis tidak ditemukan titik api alias hot spot. Meskipun demikian, Ahamdsyah Harrofie mengingatkan kepada petugas dan seluruh jajaran pemerintah untuk selalu siaga dan memantau perkembangan kondisi di lapangan. Mengingat ancaman kebakaran hutan dan lahan, terutama di kawasan-kawasan rawan, seperti perkebunan dan lahan kosong maupun hutan, masih sangat rentang. Terlebih musim panas yang melanda daerah ini, mengakibatkan kawasan lahan dan hutan menjadi kering sehingga mudah terbakar.

“Dari data BMKG, tidak ditemukan hot spot di Kabupaten Bengkalis. Namun, kami minta bapak-bapak dan seluruh jajaran aparat pemerintahan selalu waspada memantau perkembangan dan kondisi di lapangan. Begitu terjadi kebakaran, lakukan langkah cepat dan langsung koordinasikan dengan pihak kabupaten,” ungkap Ahmadsyah Harrofie.

Ahmadsyah juga berdialog dengan para petugas dan menanyakan langsung tentang kendala yang dihadapi selama melakukan pemadaman di lapangan. Kepada Ahmad Syah Harrofie, petugas menuturkan bahwa kendala yang dihadapi saat memadamkan kebakaran hutan dan lahan, karena lokasi berada jauh ke dalam, sehingga selang tidak terjangkau menuju titik kebakaran.

Selain meninjau dan memberi semangat petugas di kawasan bekas kebakaran lahan di Desa Sepahat, Pj Bupati Bengkalis bersama rombongan juga mengunjungi Pos BPMD untuk melihat kesiapan petugas dan peralatan pendukung. Di Pos BPMD tampak siaga puluhan petugas Damkar dan MPA, Pj Bupati Bengkalis juga terus memacu semangat para petugas di lapangan. (Ehmm)