DPR Harap Kerja Sama Indonesia-Thailand Dapat Ditingkatkan

Kamis, 16 Maret 2017

foto Detik.com

JAKARTA - riautribune : Ketua DPR RI Setya Novanto menerima kunjungan Ketua Parlemen Thailand Pornpetch Wichitcholchai pada Rabu (15/03/2016). Kunjungan ini dimaksudkan untuk mempererat hubungan baik dan meningkatkan kerja sama antar kedua negara. Turut mendampingi Ketua DPR, yakni Wakil Ketua DPR Korpolkam Fadli Zon, Wakil Ketua DPR Korekku Taufik Kurniawan, Wakil Ketua DPR Korinbang Agus Hermanto, Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf, dan Ketua Banggar Azis Syamsuddin.

Setya Novanto mengucapkan terima kasih kepada Ketua Parlemen Thailand atas kunjungan ini dan berharap kerja sama antara kedua negara dapat ditingkatkan. "Saya ucapkan terima kasih atas kunjungan Ketua Parlemen Thailand ini," ujar Setya Novanto mengawali konferensi pers di hadapan media di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.
DPR Harap Kerja Sama Indonesia-Thailand Dapat Ditingkatkan

Dalam kunjungan ini, Novanto berharap kerja sama kedua negara dapat ditingkatkan, termasuk di bidang pariwisata, infrastruktur, dan argo industri. "kerja sama ini perlu untuk ditingkatkan lagi khususnya di bidang infrastruktur, maritim, argo industri serta kerja sama di bidang pariwisata perlu ditingkatkan. Tidak hanya di Bali, tapi juga di daerah lain," jelas Novanto.

Selain itu, politisi Golkar ini juga mengapresiasi Thailand yang menempati ranking 11 soal investasi di Indonesia dengan total investasi mencapai 87 proyek. "Thailand menempati ranking 11 sebagai investor terbesar dengan investasi US$ 174.17 juta dengan 87 proyek," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, ia menjelaskan bahwa Parlemen Thailand sangat mengharapkan kehadiran Presiden Jokowi dalam join meeting di Thailand yang akan diselenggarakan pada April 2017. Kehadiran Presiden diharapkan akan menambah hubungan baik kedua negara.

"Thailand sangat mengharapkan kehadiran Presiden Jokowi di Thailand dalam join meeting, baik dalam politik ekonomi dan investasi dan juga hubungan internasional lain yang akan dilaksanakan April," terangnya.

Lebih lanjut Novanto menginformasikan bahwa Parlemen Thailand ingin menjadi anggota GOPAC yang diketuai Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Ia pun berharap dapat menghadiri kegiatan yang diselenggarakan GOPAC. "Tadi disampaikan karena Pak Fadli Zon selaku Ketua GOPAC, Thailand ingin menjadi anggota GOPAC dalam kerja sama tersebut dan akan menghadiri acara yang berkait dengan masalah hubungan kedua negara," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Parlemen Thailand Pornpetch Wichitcholchai juga apresiasi atas pertemuan ini dan dirinya berharap akan memberikan manfaat bagi hubungan baik kedua negara. "Kedatangan kami di sini untuk perkuat kedua parlemen Indonesia dan Thailand. Saya berharap kunjungan ini bermanfaat bagi parlemen kedua negara," pungkas Pornpetch.(dtk)