JK: Di Pertanian, Saudi Hanya Punya Dana

Selasa, 28 Februari 2017

foto internet

MAKASSAR - riautribune : Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan kunjungan Raja Arab saudi Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud ke Indonesia bukan untuk membicarakan persoalan kerja sama di bidang pertanian.

Sebab, ia menuturkan bahwa investasi di bidang pertanian tersebut memerlukan skill, teknologi, modal dan Sumber Daya Manusia. Sedangkan Arab Saudi tak memiliki skill yang mumpuni, hanya modal saja.

"Kita tidak bicara itu bersama Raja Salman. Kan Saudi itu tidak akan pernah tertarik di sektor pertanian, karena Saudi hanya punya dana," ucap Jusuf Kalla saat pertemuan dengan Gubernur se- Sulawesi di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan di Makassar, Senin sore, 27 februari 2017.

Menurut JK, orang yang ingin berinvestasi di bidang pertanian maka harus memiliki skill untuk mengawasinya. Saat ditanya apakah ada sektor lain yang akan dikerjasamakan Indonesia dengan Saudi, JK mengatakan bahwa hal itu belum ada pembicaraan. "Intinya pertanian disini itu beda dengan di Saudi, sekarang belum ada pembicaraan," imbuhnya.

Maka, kedatangan JK di Sulawesi Selatan ini tidak ada kaitanya dengan kedatangan Raja Arab Saudi Ke Indonesia. Meskipun di Sulawesi memiliki sektor pertanian yang baik.

Diketahui Raja Salman akan membawa rombongan sekitar 1.500 orang dan tiba di Bandar Udara Halim Perdanakusuma pada Rabu, 1 Maret 2017, dan dijemput langsung oleh Presiden Joko Widodo. Rencananya usaiacara kenegaraan pada 1-3 Maret, rombongan Raja Salman akan berlibur ke Bali hingga 9 Maret 2017.(tmpo)