Gubri Resmikan Unit Pemukiman Transmigrasi UPT Tanjung Tiram

Jumat, 24 Februari 2017

foto Humas Pemprov

TEMBILAHAN - riautribune : Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman serahkan 146 unit rumah kepada masyarakat transmigrasi lokal di Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Tanjung Tiram Desa Tanjung Melayu, Kecamatan Kuala Indragiri Kabupaten Indragiri Hilir. Pada kesempatan orang nomor satu di Riau ini juga melakukan peletakan batu pertama rencana pembangunan sekolah dasar di desa tersebut.

Penyerahan 146 rumah untuk tranmigrasi ini merupakan tahap ketiga, setelah sebelumnya pada tahap pertama 2009 lalu dibangun sejumlah unit perumahan yang jika ditotal dengan saat ini berjumlah 225 unit perumahan.

"Program ini kita adakan untuk mengurangi angka kemiskinan di Inhil. Supaya bapak dan ibu mempunyai kehidupan yang layak," kata Andi Rachman (sapaan akrab Gubri) saat memberikan kata sambutan, Kamis (23/2/17).

Andi percaya dengan kegigihan masyarakat dalam mengembangkan semua potensi yang sudah diberikan pemerintah seperti lahan untuk berkebun 2,5 hekktar dan berbagai fasilitas lainnya akan mampu menciptakan ekonomi baru, jika masyarakatnya benar-benar gigih berjuang daerahnya sendiri.

Karena itu, Andi menyatakan akan mengecek dalam beberapa tahin kedepan ke daerah transmigrasi lokal ini. Sementara Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan menyatakan UPT Tanjung Tiram telah dibangun sejak tahun 2009 lalu. Yang mana, total keseluruhannya telah mencapai 225 KK.

Dana yang diserap untuk pembentukan UPT Tanjung Tiram ini ditotal telah menyerap dana sebesar Rp18.114.819.931 atau Rp18 miliar. Rinciannya, pada tahun 2009 sebanyak 30 KK penerima, tahun 2010 sebanyak 18 KK penerima, tahun 2012 sebanyak 16 KK penerima, tahun 2013 sebanyak 15 KK penerima, dan tahun 2016 sebanyak 146 KK penerima.

"Warga transmigrasi lokal ini juga mendapatkan Iahan usaha seluas 2,5 hektare per KK. Lahan tersebut diberikan untuk mengembangkan perekonomian warga melalui usaha pertanian, perkebunan, peternakan dan usaha potensial lainnya," urai Wardan.(rtc)