DPRD Riau Belum Siap Memproses Pemilihan Wagubri

Jumat, 17 Februari 2017

illustrasi Internet

PEKANBARU - riautribune : Anggota DPRD Riau Masnur akui, lembaga tempatnya bekerja belum siap memproses pemilihan wakil gubernur Riau. Salah satu penyebabnya, Tatib khusus pemilihan wakil gubernur Riau hasil fasilitasi Kemendagri, belum selesai diperbaiki.

"Ini perlu saya luruskan. Dua nama calon wakil gubernur itu sebenarnya sudah ada di pemerintah daerah (Pemda) dan akan dilanjutkan ke DPRD," kata Masnur, anggota DPRD Riau yang juga berasal dari Partai Golkar kepada wartawan, Kamis (16/02/17).

Tapi dijelaskannya, berhubung Pemda melihat wakil rakyat di DPRD Riau belum selesai mengerjakan Tatib pemilihan dan kesiapan lainnya, makanya Pemda belum menyerahkan dua nama tersebut ke DPRD Riau.

"Draf Tatib yang harus diperbaiki itu masih di tangan pimpinan dewan. Harusnya pimpinan menyerahkan ke Pansus, tapi sampai sekarang tak kunjung diserahkan, malah diberikan kepada bagian Sekretariat. Bagian sekretariat semalam nelpon saya pukul 21.00 WIB, menanyakan soal tatib itu," jelasnya, seperti dikutip riautribune dari riauterkini.com

Loyalis Arsyadjuliandi Rachman (gubernur Riau) ini mengatakan, seharusnya draf Tatib diserahkan langsung ke Pansus tanpa melalui pihak sekretariat. Jika selesai diperbaiki, maka langsung dimasukkan dalam rapat BaMus DPRD Riau untuk diparipurnakan.

"Pansel pemilihan wakil gubernur Riau pun belum terbentuk. Seharusnya selesaikan dulu semuanya di DPRD Riau dan disiapkan segala sesuatunya, sehingga saat pengiriman nama calon wakil gubernur, bisa langsung diproses," sebutnya.

Sementara itu, Sunaryo, Wakil Ketua DPRD Riau mengatakan, pimpinan dewan sudah melakukan koordinasi dengan Pansus pemilihan wakil gubernur terkait draf Tatib yang dimaksud. Perbaikan Tatib menurutnya sudah dilakukan. "Pada umumnya sudah dilakukan revisi, tinggal nanti dilakukan paripurna," tutup politisi PAN ini.