HPN 2017, Jokowi Pusing Berita Hoax di Media Sosial

Kamis, 09 Februari 2017

foto internet

AMBON - riautribune : Presiden Joko Widodo didampingi istri, Iriana Joko Widodo, menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional ke-72 yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Lapangan Kepolisian Daerah (Polda) Tantui, Ambon. Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan saat ini media massa menghadapi tantangan yang sangat besar.

”Jagat media kini tengah menghadapi tantangan besar dengan hadirnya media sosial. Hal tersebut menimbulkan kegandrungan yang luar biasa,” kata Jokowi di Lapangan Kepolisian Daerah (Polda) Tantui, Ambon, Maluku, Kamis, 9 Februari 2017.

Menurut Jokowi, saat ini tidak ada masyarakat yang tidak berkecimpung dalam media sosial. Dari masyarakat biasa, pelajar, pejabat daerah, bahkan sampai presiden senang terjun ke media sosial. “Ada yang suka main tweet,” ucap Jokowi, lalu diam sejenak. “Lalu ada Instagram, Path, dan Facebook. Semuanya gandrung.”

Adanya kegandrungan tersebut, Jokowi mengatakan, akan berakibat pada media arus utama atau mainstream. Menurut Jokowi, media harus mampu beradaptasi. Pasalnya, kata dia, mereka yang tidak mampu beradaptasi memiliki kecenderungan akan berguguran satu per satu.

Adapun Jokowi menuturkan kehadiran medsos, khususnya berita hoax, juga turut memusingkan pemerintah. Menurut Jokowi, dirinya mendengar keluhan yang sama dari beberapa pemimpin negara lain.(tmpo)