BI Dan TPID Kerjasama Salurkan 5000 Bibit Cabe

Rabu, 18 Januari 2017

illustrasi Internet

PEKANBARU - riautribune : Bank Indonesia bersama TPID Rabu (18/1/17) membagikan 5000 bibit cabe kepada 500 KK warga Pekanbaru dengan asumsi 10 polybag per KK. Hal itu disampaikan Kepala Bank Indonesi Kantor Perwakilan Riau, Ismet Inono usai menyerahkan bibit cabe kepada salah satu warga penerima.

Menurutnya, secara bertahap, bibit-bibit cabe ini akan diserahkan juga untuk warga kabupaten lainnya di Riau. "Untuk tahap pertama, kita menyiapkan 21 ribu bibit cabe yang akan kita sebarkan di 3 kabupten/kota. Tahap selanjutnya akan terus kita suply permintaan warga untuk mencoba menanam cabe di pekarangan rumahnya," terang Ismet Inono.

Untuk itu, tambah Ismet, Bank Indonesia memberikan pelatihan kepada perwakilan warga agar bisa merawat tanaman cabenya hingga membuahkan hasil yang maksimal antara 1,5 - 2 kilogram perpohon cabe.

"Diharapkan bibit-bibit cabe itu akan menghasilkan cabe secara maksimal sehingga mengurangi ketergantungan warga terhadap pasokan cabe di pasaran," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Pekanbaru, Elsyabrina mengatakan bahwa untuk mengantisipasi lonjakan harga cabe, pemerintah Kota Pekanbaru juga menyebarkan bibit cabe sebanyak 20 ribu bibit cabe untuk 2 ribu KK se Pekanbaru.

"Kita sudah sebarkan ke seluruh Kecamatan. Pekan ini penyerahan bibit cabe untuk warga Payung Sekaki," terangnya.(rtc)