Bupati Inhil HM. Wardan Serahkan Bantuan Satu Unit Ekskavator

Senin, 16 Januari 2017

foto Hrc

TANAH MERAH - riautribune : Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan MP, menyerahkan bantuan kepada petani dan nelayan di Kecamatan Tanah Merah. Bantuan itu merupakan wujud perhatian pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bantuan yang diberikan berupa satu unit alat berat jenis ekskavator. "Satu kecamatan mendapat satu unit alat berat," ujar Wardan saat menghadiri peringatan Gerakan Seribu Telur sempena Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 Hijriah di Pendopo Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Sabtu (14/1/2016).

Menurut Wardan, bantuan ekskavator untuk tiap kecamatan di Negeri Seribu Parit untuk menyelamatkan lahan perkebunan masyarakat setempat akibat kerusakan tanggul pengaman intrusi air laut. Sebelumnya, beberapa kecamatan sudah mendapatkan bantuan eksavator ini.

Selain ekskavator, Wardan didampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil, Dani M Nursalam, juga menyerahkan sertifikat tanah gratis, kartu nelayan dan alat penggiling udang buat nelayan setempat.

"Diharapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat," pinta Wardan.

Dengan adanya alat berat itu, kata Wardan, petani di Tanah Merah dapat memperbaiki perkebunan kelapa yang rusak. sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan hasilnya. Sementara sertifikat tanah  dapat memberikan bukti kepemilikan yang sah tanah yang dimiliki masyarakat.

Sementara kartu nelayan yang diberikan sangat bermanfaat bagi nelayan di Kabupaten Inhil sebagai jaminan (asuransi) bagi nelayan jika mengalami kecelakaan saat melaut. Kartu itu diberikan kepada 4.000 nelayan di Inhil.

Hingga akhir tahun 2016 lalu, baru  2.325 nelayan di Inhil yang mendaftar untuk mendapatkan kartu nelayan tersebut. Diharapkan tahun ini, nelayan mendaftarkan diri agar punya jaminan keselamatan.(hrc)