Man United Taklukkan West Ham di London Stadium

Selasa, 03 Januari 2017

foto internet

LONDON – Manchester United akhirnya mampu meraih kemenangan di kandang West Ham United pada pekan ke-20 Liga Inggris, Selasa (3/1/2017) dini hari WIB. Setan Merah menang dengan skor 2-0 lewat gol yang dicetak Juan Mata (63) dan Zlatan Ibrahimovic (78).

Anak asuh Jose Mourinho awalnya nampak kesusahan menembus barisan pertahanan The Hammers. Namun, perlahan tapi pasti, Michael Carrick dan kawan-kawan mampu memanfaatkan peluang lewat skema open play apik.

Man United pun kini tercatat telah meraih kemenangan enam kali beruntun di ajang Liga Primer Inggris, namun Manchester Merah masih tertahan di posisi keenam klasemen dengan mengumpulkan 36 poin bersama Tottenham Hotspur yang berada di urutan kelima. Sementara The Hammers berada di urutan ke-13 poin di klasemen.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Penguasaan bola di awal laga dipegang oleh Man United yang membuat West Ham sedikit bertahan. Namun tim tuan rumah mampu mengurangi tekanan di lini tengah.

Peluang pertama didapatkan West Ham lewat aksi Dimitri Payet di menit kelima. Sayang sepakan jarak jauhnya masih menyamping di sisi gawang De Gea.

Terus tampil menyerang, pada menit ke 10 Payet berhasil melewati dua pemain Man United sebelum memberikan bola kepada Lanzini. Dari luar kota penalti, Lanzini melepaskan sepakan keras ke sisi kiri gawang namun bola berhasil ditepis oleh De Gea.

Tak lama kemudian, petaka hadir bagi The Hammers! Feghouli yang mengejar bola di hadang oleh Jones, lantas ia melakukan tekel keras. Alhasil wasit Mike Dean mengusir langsung pemain Aljazair tersebut dari lapangan.

Diuntungkan jumlah pemain Setan Merah berupaya membangun serangan. Mhkitaryan memberikan umpan tarik ke mulut gawang West Ham, sepakan Valencia berhasil ditepis oleh Randolph. Bola muntah disambut tendangan Lingard ke gawang yang kosong tapi bola malah membentur tiang gawang!

Man United berhasil menguasai jalannya pertandingan, tapi skor tetap tak berubah masih 0-0. Tercatat 64 persen aliran bola berada di anak asuh Mourinho dengan tembakan sebanyak dua kali.

Babak Kedua

Pada babak kedua Mourinho melakukan pergantian pemain, ia memasukkan Juan Mata dan mengeluarkan Matteo Darmian. Lantas, posisi Carrick sebagai gelandang agak mundur dengan menjaga jantung pertahanan.

Setan Merah yang terus berupaya masuk ke wilayah daerah pertahanan West Ham. Beberapa kali pemain Man United mengirimkan crossing, namun sektor belakang The Hammers sangat sigap dalam mengantisipasi serangan.

Akhirnya gol terjadi pada menit 63, gelandang Manchester United yang baru saja masuk pada babak kedua, Juan Mata sukses menjebol gawang Randolph. Ia memanfaatkan crossing terukur dari Marcus Rashford yang melewati dua pemain belakang tim tuan rumah. 1-0 untuk keunggulan Man United.

 Unggul jumlah pemain terus dimanfaatkan Red Devils, Ibrahimovic mencatatkan namanya di papan skor. Ia sukses merobek jala West Ham pada menit ke 78. Pemain berkebangsaan Swedia tersebut menerima mentalan bola hasil sepakan dari Ander Herrera, alhasil Ibra menyontek bola dengan mudah dengan mengubah kedudukan menjadi 2-0 untuk keunggulan Setan Merah.

Memasuki menit krusial, Manchester Merah terus tampil menyerang. Rashford yang tampil prima di sisi kiri memberikan umpan kepada Herrera yang langsung menyambut bola dengan sepakan voli, tapi Randolph masih sigap membuang bola.

Hingga akhirnya wasit meniup peluit tanda berakhirnya laga. Atas kemenangan ini Manchester United terus melanjutkan tren positif mereka dengan meraih enam kemenangan beruntun di Liga Inggris.(okz)