Aparat Harus Tegas Menangkap Pelakunya

Rabu, 26 Agustus 2015

Ilustrasi Internet

PEKANBARU-riautribune: Maraknya penambangan ilegal dan pembukaan lahan tanpa izin di Riau menjadi perhatian serius anggota DPRD Provinsi Riau. Hal itu dikarenakan kegiatan tersebut bisa memberikan dampak buruk terhadap lingkungan hidup. Karena itu, penegak hukum harus tegas dalam memberantas pelaku penambangan ilegal ini.

Seperti yang disampaikan anggoata DPRD Riau, Sugianto, penambangan ilegal dan pembukaan lahan secara ilegal bisa memberikan dampak buruk terhadap lingkungan. Bahkan manusianya bisa terbawa dampak buruk terhadap pencemaran lingkungan hidup tersebut.

Permasalahan ini, sambungnya, harus bisa segera ditindaklanjuti. "Di Kabupaten Pelalawan misalnya, ada perusahaan yang membuka lahan secara ilegal. Bahkan mencemari lingkungan sekitar. Sungai juga ada yang ditutup. Saya sudah laporkan itu kepada BLH Pelalawan, tapi tak ada tanggapan," ungkap Sugianto politisi PKB Dapil Siak-Pelalawan ini.

Menurutnya, aparat penegak hukum harus bisa menindak tegas pelakunya. Jangan dibiarkan begitu saja." Harus ada tindakan tegas dan konkrit di lapangan mengenai permasalahan ini di Riau," tegas Sugianto.

Sementara itu, anggota DPRD Riau lainnya, DR. H. Ilyas HU menegaskan, Kemeneterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI bisa menindaklanjuti penambangan ilegal maupun pembukaan lahan tanpa izin ini. "Bagaimana pun segala usaha itu harus ada izin. Harus ditindakan tegas pelakunya," pungkas politisi Nasdem asal Kampar ini.(wan)