Peserta Pilkada Teken Deklarasi Damai

Rabu, 26 Agustus 2015

Penandatanganan deklarasi damai pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis di Mapolres Bengkalis foto : afa

BENGKALIS-riautribune: Setelah penetapan pasangan calon di KPU Bengkalis pada paginya, dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi damai pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis di Mapolres Bengkalis, Senin (24/8/2015) siang.

Ketiga pasangan calon menandatangani Deklarasi Damai disaksikan Penjabat Bupati Bengkalis Ahmadsyah Harrofie, Ketua DPRD Heru Wahyudi, Kapolres Bengkalis AKBP Supriyadi, Ketua KPU Defitri Akbar dan Ketua Panwaslu Mahendra.

Ada yang menarik dari ketiga pasangan calon hadir, yakni sama-sama menggunakan kemeja putih. Bedanya, jika Cabup Herliyan Saleh dan Cabup Sulaiman mengenakan kemeja putih lengan panjang, Cabup Amril Mukminin dan Cawabupnya Muhammad mengenakan lengan pendek.

Ada 7 poin isi dari Deklarasi Damai tersebut. Diantaranya, membentuk forum  koordinasi para pasangan calon bupati dan wakil bupati dan tim kampanye dengan Polres Bengkalis. Hal itu untu mengkomunikasikan dan mencari solusi penyelesaian  segala sesuatu  bekaitan dengan keamanan  penyelenggaraan Pilbup dengan tetap menjunjung tinggi persaudaraan dan kebersamaan.

Kemudian mentaati semua ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku, memang teguh moral dan etika politik yang bersumber pada nilai-nilai Pancasila, budaya bangsa dan agama. Lalu masing-masing pasangan calon dan  tim kampanye bersama Polres ikut berperan serta atas keamanan, ketertiban dan kelancaran semua kegiatan pasangan calon dan tim kampanye yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pilbup.

Selanjutnya menciptakan dan memelihara koordinasi yang efektif antara pasangan calon dan tim kampanye dengan pihak Polres Bengkalis. Kelima, membentuk dan memberdayakan forum komunikasi satuan tugas pengamanan pasangan calon dan tim kampanye dengan Polres Bengkalis. Dan yang terpenting adalah masing-masing pasangan calon dapat menerima atas kemenangan maupun kekalahan.  

Kapolres Bengkalis AKBP Aloysius Supriyadi dalam sambutannya berharap kepada masing-masing pasangan calon dapat menjaga komitmennya atas deklarasi damai yang telah diteken,  jangan hanya sekadar diteken saja.

Sementara Penjabat Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie sangat mendukung apa yang disampaikan Kapolres. Ia juga berharap Pilkada langsung bisa berjalan sukses, demokratis aman dan  tentram. “Ketiga pasangan calon yang telah ditetapkan KPU ini, merupakan putra terbaik Kabupaten Bengkalis. Untuk itu, mari berkompetisi secara sehat dengan tidak saling menghujat dan menjatuhkan,” pesan Pj Bupati.

Sedangkan Ketua KPU Bengkalis, Defitri Akbar berharap pemilihan bupati dan wakil bupati ini dapat melahirkan pemimpin Bengkalis yang berkualitas. KPU sebagai penyelenggara, katanya, akan berusaha semaksimal mungkin menyelenggarakan pesta demokrasi ini dengan baik sesuai moto yang telah ditetapkan, yakni "BIJAK" (Bersih, Berintegritas, Jujur, Amanah dan Kekeluargaan).

Demikian juga Ketua Panwas, Mahendra. Sangat berharap pemilihan bupati dan wakil bupati bisa berjalan lancar, aman dan demokratis, tanpa adanya kampanye hitam. (afa)